APBD Kab.Sukabumi 2021 Disahkan, Kurang 700 Miliar

Sukabumi – Infokowasi.com, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi mengesahkan Rancangan Perda tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021, Senin (23/11/2020). Pada rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara itu tampak hadir Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad.

Besaran APBD yang tercantum pada perda yang disahkan itu berkurang sekitar Rp700 miliar dibandingkan APBD tahun anggaran 2020. APBD tahun depan ditetapkan sebesar Rp. 3,6 triliun, sementara APBD tahun ini sebesar Rp. 4,3 triliun. Eksekutif dan legislatif telah menyepakati besaran anggaran tersebut.

Baca Juga :  Polsek Jampangtengah Berikan Bantuan dan Fasilitasi Sekolah Gratis Bagi 2 Anak Putus Jenjang Sekolah

“APBD tahun depan mengalami penurunan karena pendapatan asli daerah atau PAD berkurang sesuai kebijakan pusat akibat adanya pandemi Covid-19,” kata Yudha kepada wartawan setelah memimpin rapat paripurna.

Kebijakan anggaran dari pusat, ujar dia, mengurangi alokasi dana untuk daerah. Hal ini berlaku di seluruh Indonesia, bukan hanya di Kabupaten Sukabumi. Berkurangnya anggaran, ujar dia, harus mendorong pemda untuk mengefektifkan penggunaan dana pembangunan agar tepat sasaran.

DPRD juga memberikan penekanan khusus kepada pemda terkait penggunaan dana APBD 2021 yaitu tetap memberikan perhatian pada penanganan wabah Covid-19 dan dampaknya, termasuk di dalamnya pemulihan ekonomi. Eksekutif, ujar dia, jangan kehilangan fokus terhadap penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Tingkatkan Pola Hidup Bersih SALAH SATU UPAYA KADES NAGRAK UTARA, MENGINDARI VIRUS CORONA

Sementara itu saat menyampaikan pendapat akhir, Pjs. Bupati Sukabumi menyampaikan apresiasi kepada DPRD yang telah mengesahkan APBD 2021. Gani akan terus mendorong pelaksanaan APBD 2021 bisa tepat waktu dan tepat sasaran untuk semua kegiatan yang dilaksanakan.

WANDI

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here