Apresiasi BST dan Inovasi di Cijengkol, Dirjen PFM Kemensos: “Harus jadi Desa Percontohan”

Sukabumi, infokowasi.com – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Penanganan Fakir Miskin (PFM), Asep Sasa Purnama, memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos di Desa Cijengkol Kabupaten Sukabumi, Minggu (31/5/2020).

Usai melakukan peninjauan, cross check dan berdialog langsung dengan penerima manfaat, Dirjen PFM menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Cijengkol yang sudah melakukan kajian skala lokal atas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan menerapkannya sehingga penyaluran bantuan BST menjadi tepat sasaran.

Apresiasi BST dan Inovasi di Cijengkol, Dirjen PFM Kemensos: " Harus Jadi Desa Percontohan"

Selain tentang penyaluran BST, Dirjen PFM dan rombongan meninjau pembangunan Rutilahu dan menyempatkan menjajal inovasi teknologi yang dikembangkan di Desa Cijengkol Sukabumi, salah satunya aplikasi SIPELEM (Sistem Pelayanan Elektronik Mandiri). Seperti diketahui Desa Cijengkol diresmikan sebagai Desa Digital oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami tahun lalu.

Baca Juga :  Si Jago Merah Lalap Rumah Milik Warga Gunungsungging

“Kami mengapresiasi penyaluran BST Kemensos di Desa Cijangkol secara umum sudah tepat sasaran, buat Pak Kades kami juga menyampaikan apresiasi atas kerja kerasnya dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat penerima manfaat, selalu menggunakan mekanisme musyawarah dan edukasi sehingga setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik” terang Dirjen PFM.

Terkait Rutilahu, Asep Sasa Purnama juga memberikan respon positif mengingat Pemdes Cijengkol bisa membangun 7 Rutilahu melalui gotong royong swadaya murni masyarakat.

Apresiasi BST dan Inovasi di Cijengkol, Dirjen PFM Kemensos: " Harus Jadi Desa Percontohan"Disaksikan hadirin, Asep Sasa Purnama mencoba membuat langsung Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) menggunakan ATM SIPELEM.

“Harus dijadikan teladan, saya harap kedepan Desa Cijengkol dengan budaya gotongroyongnya, inovasi teknologi dan melibatkan banyak pihak untuk mengembangkan potensi yang ada patut menjadi percontohan desa yang lain” tembahnya.

Sebagai bentuk pemberdayaan lanjutan Dirjen PFM Kemensos RI juga mencanangkan membentuk pilot project Kelompok Usaha bersama (KUBE) di Desa Cijengkol.

Baca Juga :  Pemerintah Kecamatan Jampangtengah Kunjungi Warga, Agustiana Penyandang Penyakit Menahun, 16 Tahun di Tempat Tidur

Turut menyambut dan mendampingi rombongan Dirjen PFM, tampak hadir Kades Cijengkol, Sekretaris Dinsos, Sekretaris Dishub, Camat Caringin, Tokoh masyarakat serta Komunitas peduli desa Cijengkol/Ciber.

Apresiasi BST dan Inovasi di Cijengkol, Dirjen PFM Kemensos: " Harus Jadi Desa Percontohan"

Menurut Kades Cijengkol, Haer Suhermansyah, kunjungan Dirjen PFM Kemensos merupakan satu kebanggaan karena menunjukan perhatian kepada tatanan pemerintah di tingkat bawah. Juga jadi motivasi untuk melakukan tatakelola pemerintahan Desa yang lebih baik kedepannya

“ini momentum yang baik, bagi kami untuk terus memperbaiki kinerja Pemdes Cijengkol sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat, kami akan terus meningkatakkan pola kerjasama untuk percepatan pembangunan Desa” terangnya

Baca Juga :  Demi Keselamatan Warga dan Pelajar, Guru Dan Orang Tua Meminta Agar Bioskop Movieplex Ditutup Sementara Waktu

Haer juga menyampaikan terimaksih kepada Bupati Sukabumi dan jajaran yang senantiasa mendukung program pembangunan baik itu program lanjutan ataupun yang bersipat inovatif.

Laporan : Irwan S
Editor : Iwa K

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here