Cartilan Park Rintisan Wana Wisata Warga Cigombong Desa Bojongjengkol

Laporan : Robbi Sugara

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Wana wisata Cartilan Park merupakan wisata alam rintisan yang berlokasi di Jalan Cigombong Kampung Cigombong RT 026 RW 007 Kedusunan Cipancer Desa Bojongjengkol Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi.
Jarak dari Pusat Kecamatan Jampang tengah sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh 20 menit melalui jalan ruas provinsi arah Surade, untuk menuju lokasi kita harus memasuki jalan Perkebunan Teh PT. Bantar dan Perum Perhutani melalui pertigaan Baros Cikopi Desa Jampangtengah, akses jalan sudah memadai untuk dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga :  Infografik : 27 RAPERDA Tahun 2021 Kabupaten Sukabumi

Lokasi perbukitan dengan bentuk dan ukuran cukup tinggi membuat pemandangan yang terhampar luas disekitar tempat yang lebih rendah terlihat jelas dengan berbagai keunikan.
Berbagai penampakan alam seperti pemukiman warga, pesawahan, ladang, kebun, dan hutan memberikan warna rona yang memanjakan mata, dengan jelas menjulang tinggi Gunung Gede seolah bercermin, suasana lebih indah manakala menjelang matahari terbit atau terbenam, lokasi yang cukup berpotensi untuk dijadikan kawasan wana wisata.

Cartilan Park terletak di tengah lingkungan hutan pinus milik Perhutani, dengan mengandalkan keterampilan pemuda Cigombong dan Cipanengah serta warga setempat lainnya, Cecep (50) mencoba mengelola tempat tersebut.

Baca Juga :  Ruas Jalan Kopeng Cipetir 500 Meter Diaspal dengan Latasir Kelas A

Cecep mengarahkan para pemuda untuk membangun beberapa spot selfie, sebagai sarana para pengunjung melakukan swafoto, membuat meja dan tempat duduk untuk bersantai menikmati sejuk udara, serta mendirikan bangunan untuk berteduh.

“dengan mengandalkan bahan seadanya yang bisa di temukan disekitar lokasi, kami mencoba menata Cartilan supaya lebih nyaman dan menarik”, ucap Cecep.
“dengan inisiatif dan swadaya para pemuda saya berharap tempat ini menjadi alternatif serta destinasi bagi warga sebagai tempat berwisata, saat ini proses penataan masih terus berlanjut, mudah-mudahan cepat rampung seratus persen”, jelas Cecep.

Baca Juga :  Masker Berikut Sembako Dibagikan Secara Gratis

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here