Cerianya Anak-anak Cijambu Dan Cibogo Pada Acara Perlombaan Tujuh Belasan Di Desa Cijulang

Sukabumi, infokowasi.com – Selayaknya tujuhbelasan, berbagai acara dan kegiatan digelar warga, semua kalangan ingin merasakan kebahagiaan. Hari kemerdekaan ini milik kita semua.
Memeriahkan hari dengan sejuta kenangan sejarah penuh perjuangan , apa yang bisa dilakukan di masa kini? mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif.
Hari ini genap 75 tahun Indonesia merdeka, dengan cerita mungkin satu catatan sejarah baru, peringatan di tengah pandemi Covid-19.
Kebiasaannya warga menggelar berbagai even dari kegiatan olahraga berupa open turnamen olah raga sepak bola serta bola voli, atau hanya sekedar hiburan antar ke-rt-an saja.
Ada juga perlombaan serta kegiatan anak yang mengedepankan kreatifitas dan ketangkasan, namun tidak semua kegiatan dapat terlaksana saat ini.
Demikian hari ini, wabah melanda negeri, tidak mematahkan semangat warga Kampung Cijambu RT 30 RW 9 Desa Cijulang Kecamatan Jampangtengah, untuk memperjuangkan kecerian, terutama menanamkan karakter pantang menyerah, rela berkorban, serta berjuang tanpa mengenal lelah, pada sejumlah anak warga setempat.
Sedari pagi, para pemuda sudah menggelar persiapan beberapa perlombaan, dengan motto dari warga, untuk warga, oleh warga.
Hari ini tidak ada Upacara Peringatan HUT RI di Kota Kecamatan, tidak ada karnaval, tidak ada keramaian, seperti terlaksana di tahun sebelumnya.
Pemuda Kampung Cijambu mengadakan beberapa macam lomba, seperti balap karung, makan krupuk, joget balon, memasukan paku ke dalam botol, tarik sarung, dan membawa kelereng di sendok. Tidak elak mengundang gelak tawa dengan semua tingkah peserta, keceriaan, tertawa.
Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 08.00 hingga selesai.
Walau menang bukan juara, kalah pun tidak kecewa, semua berpartisipasi, dengan tekad kebersamaan.
Ika Jatnika, salah seorang penggerak kegiatan menuturkan anak-anak begitu antusias berlomba walau hadiah diperebutkan tidak seberapa, lebih lanjut Ika menjelaskan acara lebih cenderung sebagai ajang hiburan serta silaturahmi mempererat kekeluargaan. Anggaran pun berasal dari iuran warga seikhlasnya.
Demikian halnya di Kampung Cibogo RT 22 RW 07 Desa Cijulang, pemuda giat melakukan berbagai keseruan, salah satunya kegiatan jalan santai dengan rute mengelilingi jalan kampung, ada pun di akhir disediakan hadiah doorprize berupa alat keperluan sehari-hari sederhana.
Tidak tertinggal perlombaan khas agustusan lainnya, murah meriah namun tidak menyimpang dari nilai penghargaan mengisi hari kemerdekaan.
Peserta kegiatan terpusat untuk kalangan anak, walau ada beberapa melibatkan orang tua. Sama halnya dengan di Cijambu, di Cibogo hanya ada tambahan lomba tusuk balon untuk anak, serta ada panco untuk orang tua.
Menurut Deden Suherman, terpenting adalah memberikan keceriaan kepada anak.
“jangan sampai dengan adanya wabah, anak-anak menjadi tertekan, harus tetap ceria dan berpikir positif agar tidak stres”, ucap Deden,
“protokol kesehatan kita terapkan semampu mungkin”,pungkas Deden.

 

Baca Juga :  Ini Lima Arahan Terbaru Presiden Terkait Penanganan Pandemi Covid-19

Penulis: M. Robby

Editor: Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here