Dinas Pemadam kebakaran Kab.Sukabumi Tanggap Tangani Paska Banjir Bandang Cicurug

Laporan : Dody Suryadarma

INFOKOWASI.COM, Cicurug – Sukabumi

Musibah banjir bandang yang melanda kecamatan Cicurug pada Senin sore ,17:35 tanggal 21 September lalu telah merusak beberapa wilayah di kecamatan Cicurug dan Kecamatan Parungkuda juga Cidahu.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi telah menurunkan personilnya sekaligus team rescue sajak awal kejadian hingga penanganan lokasi -lokasi terdampak selama sepekan ini.

Untuk meringankan korban banjir di wilayah Desa Pasawahan Dan Wilayah Desa Mekarsari Nyangkowek, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi , menerjunkan dan menyiagakan puluhan personel evakuasi.

Dalam kegiatan sosial tersebut langsung dipimpin oleh Sekretaris Dinas Syarifudin Rahmat selaku pengendali operasional dengan didampingi pejabat strukturalnya yaitu,kabid Pelatihan dan Pencegahan ,H.Deny Mulyadi, kabid Pengendalian dan Operasional M.Asep Saepudin, Kasi Dalops Yayan Hadiansyah, Kasi Sarpras U.Royani, Kasubag Umum dan Kepegawaian Inai Yuningsih, Kasi Pencegahan , Untung Waluyo.

Baca Juga :  Curug Sedong Desa Langkapjaya Lengkong, Manjakan Pengunjung Dengan Pesona Alami

Tim Rescue disiagakan untuk membantu warga terdampak banjir bandang akibat Meluapnya Sungai Citarik – Cipeucit dan Sungai Cibojong menjadi faktor penyebab terjadinya banjir bandang.berdasarkan kesimpulan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ,Dalam 24 Jam terakhir sebelum kejadian wilayah hulu (sebelah utara Sukabumi) maupun di wilayah terdampak mengalami curah hujan Sedang-Tinggi dengan intensitas hingga-120 mm.

Intensitas hujan tertinggi berada pada bagian hulu yaitu di sekitar Gunung Salak. Kemungkinan hujan yang terakumulasi dalam 24 jam terakhir yang tertampung di daerah hulu kemudian meluap dan menghancurkan bendung alami yang diduga terbentuk dibagian hulu sungai.

Baca Juga :  Gabungan Para Relawan Surade, Berkomitmen Mempercepat Tangani COVID-19

“Saat ini ada Anggota Posko 1 Cisaat, posko 2 Cibadak, posko 3 Cicurug dan team rescue Damkar dengan Jumlah personil 30 orang, kata Sekertaris Damkar Syarifuddin Rahmat,Kamis (22/9/2020).

Syarif mengatakan ,Tim Rescue Damkar hari pertama Senin lalu saat kejadian Banjir Bandang , tim dilibatkan dalam penanggulangan dan penyelamatan evakuasi korban dengan10 personil, lanjutnya hari kedua sampai dengan hari ini Kamis,24 September 2020 Anggota Damkar dan Tim Rescue dengan kekuatan 30 personil (Mako, Posko 1, 2 dan 3).sedangkan untuk Pos Khusus dipusatkan di Posko 3 Damkar Cicurug,pungkasnya.

“Semua personil disiagakan untuk membantu warga yang membutuhkan dan siap melakukan evakuasi, penanganan” ungkap Syarif.

Untuk Saat ini Pos 3 Damkar Cicurug dioptimalkan untuk menerima laporan warga,” himbaunya.

Baca Juga :  Miras dan Narkotika Musnah di Pasanggrahan Padjadjaran Purwakarta

Senada ,Inai Yuningsih selaku Kasubag Umum dan kepegawaian Pada Dinas Pemadam Kebakaran,kabupaten Sukabumi mengatakan,pihaknya bersama tim rescue terjun kelokasi terdampak banjir bandang di wilayah kampung cibuntu desa Pasawahan,dengan dilakukanya terjun langsung sebagai bentuk kepedulianya atas sikap sosial ,sekaligus guna mengetahui keadaan langsung di lokasi dampak bencana,kamis (24/9/20) .

“semoga apa yang telah dilakukan Personil damkar dengan menurunkan armada kendaraan pemadam kebakaran kelokasi dampak,dapat bermanfaat bagi warga masyarakat yang terkena imbas bencana”.

Diterjunkanya armada,guna merapihkan dan membersihkan areal lahan yang terlihat kotor,dan memudahkan petugas guna menyisir dalam melakukan evakuasi akibat dampak bencana ,Jelasnya.

YUDI

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here