Dishub Kabupaten Sukabumi Berlakukan KIR Elektronik

Uji KIR kendaraan bermotor di Dishub Kabupaten Sukabumi sudah diberlakukan secara elektronik menggunakan smart card.

Sukabumi, infokowasi.com – Dishub Kabupaten Sukabumi, sudah memberlakukan uji KIR elektronik kendaraan yang semula menggunakan cara manual. Sistim elektronik ini menggunakan kartu pintar (Smart Card).

“Kami sudah melakukan pengujian kendaraan bermotor dengan menggunakan kartu pintar sejak Selasa (16/6/2020), ” ujar Sekretaris Dishub Kabupaten Sukabumi, August Taufik, Rabu (17/6/2020) di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi, Jalan Perintis Kemerdekaan, Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat.

Sekretaris Dishub Kabupaten Sukabumi, August Taufik

Penggunaan kartu yang terkoneksi dengan Kementerian Perhubungan ini menghindari praktik pemalsuan buku KIR. Inovasi pelayanan uji KIR ini akan memberikan pelayanan cepat, mudah. Pelayanan ini juga dapat mengetahui jumlah volume angkutan secara terintegrasi dan terkoneksi keseluruhan. Perubahan ini mengacu pada Peraturan tentang pengujian kendaraan bermotor Perda 2013.

Baca Juga :  Ini Rentang Usia Paling Banyak Menderita Covid-19 di Kota Sukabumi

Seiring dengan perubahan uji KIR tersebut, suasana di halaman Dishub Kabupaten terlihat sarat kendaraan hingga menyebabkan luberan ke jalan. Menurut sejumlah petugas di lokasi, kondisi ini terjadi lantaran pengurusan uji KIR kendaraan sudah dibuka lagi. Sehingga banyak pemilik kendaraan yang melakukan pengajuan pengurusan uji KIR.

“Dikarenakan banyak yang sudah lewat enam bulan, itu menjadi pertimbangan untuk membuka lagi proses pengurusan uji KIR dan sudah berjalan tiga hari ke belakang,” ujar petugas yang ditemui di lokasi. Tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, pemohon dapat dilayani dengan baik.

Baca Juga :  Negara Melindungi

 

 

Laporan : Irsan

Editor : Martin

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here