Dua Desa Di Kecamatan Jampangtengah Menjadi Obyek Observasi Lapangan ASN PSM Kemendes 2021

Laporan : Robby Sugara

Infokowasi.com, Sukabumi

Desa Jampangtengah dan Sindangresmi Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi menjadi dua desa dari beberapa desa di Kabupaten Sukabumi yang dipercaya menjadi lokasi Observasi Lapangan.

Observasi Lapangan terkait dengan diselenggarakannya Pelatihan Dasar Pembentukan Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Angkatan VIII oleh Pusat Pelatihan Pegawai ASN, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dalam rangka memperkaya pemahaman terkait teori – teori yang telah diperoleh.

Untuk itu diperlukan pematangan dengan Observasi Lapangan, adapun kegiatan tersebut dilakukan secara Virtual melalui aplikasi Zoom meeting. Diketahui Desa Jampangtengah dan Desa Sindangresmi memang kental dengan nuansa swadaya oleh masyarakat dan Pemdes dalam membangun fasilitas umum dan lainnya, Desa Jampangtengah dengan Tiga Pilar Desa giat memperbaiki Rutilahu secara swadaya, sementara Desa Sindangresmi membangun akses jalan desa secara bergotongroyong.

Baca Juga :  Di Masa Pandemi Covid-19, Waspada Angka Kematian Akibat Demam Berdarah Tinggi

Kegiatan yang diikuti oleh 34 peserta tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Kamis, 15 April, 2021, dan Jum’at ,16 April, 2021, bertempat di Aula Desa masing – masing dengan menghadirkan perangkat desa, tokoh, LKD, BPD, serta Pendamping Desa.

Menurut Yuliansyah Hasbullah, S. Hut. selaku Tenaga Ahli Kemendes yang bertugas di Kabupaten Sukabumi menyatakan bahwa kegiatan Observasi hanya bisa dilakukan melalui Virtual akibat terkendala pandemi Covid – 19, menurut Yuliansyah idealnya kegiatan berupa kunjungan lapangan para ASN Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) untuk melakukan Observasi langsung disetiap desa yang sudah ditentukan.

Baca Juga :  Sekda Kabupaten Sukabumi Ajak Semua Memahami Pentingnya Protokol Kesehatan dalam AKB

H. Agus Jayadi Ramli, S. Hut, selaku Kepala Desa Jampangtengah menuturkan pada pelaksanaan Observasi secara virtual tersebut pihaknya mengaku mendapat beberapa pertanyaan dari para peserta kaitan kegiatan Swadaya masyarakat yang kerap dilaksanakan di Desa Jampangtengah.

Dilain pihak Yan Mardiana, S.Ip. Kepala Desa Sindangresmi menambahkan bahwa kegiatan berupa sharing dan pengamatan secara Virtual di wilayah Desa Sindangresmi sebagai bahan dasar analisis di Kemendes terutama bagi ASN PMS, menurut Yan mungkin saja kedepan akan ada masukan – masukan untuk kemajuan desa dari Kemendes.

Baca Juga :  Jambore PKK, H. Marwan Hamami Paparkan Sinergitas, AKB Hingga Ketahanan Pangan

Red

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here