Gapoktan Sabilulungan Akan Bertanam Kacang Kedelai

Laporan : My.Kuncir (Korlip Jampang)

INFOKOWASI.COM, Jampang Sukabumi

Rencana pemerintahan untuk penanaman kacang kedelai di desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sosialisasi tersebut aras inisiatip Gabungan Kelompok Tani Sabilulungan.

Acara tersebut di hadiri Para ketua Kelompok Tani (Poktan), Balai Penyuluh Pertanian, desa Pangumbahan dan Kepala UPTD Pertanian wilayah VI Jampangkulon, di aula kantor desa Pangumbahan, Jumat 29/1/2021.

Kepala UPTD Pertanian Wilayah Jampangkulon Yaya Kuswaya dalam pertemuan kali ini mengharapkan, kita dapat mengikuti program pemerintah sesuai kebutuhan pemerintah sebesar 70%.produksi lokal yang 30 % dari luar,  harapan Yaya nilai produksi secara mandiri, tukasnya

Adapun Harga Penawaran Pemerintah (HPP). Saat ini memiliki harga di atas rata-rata Rp.8500/Kg, rencana kuota yang akan di alokasikan 50 kg/ha, Pupuk NPK 200kg/ Hektar, 150 kg, pestisida/Hebtisida 1 hektar/ 4, liter Rhezobium 250 gram dan rencana penanaman di mulai pada bulan Maret mendatang usai masa panen padi gogo, diantarnya Lahan tadah hujan, lahan perkebunan, lahan padi gogo dan di pematang- pematang sawah, tandasnya.

Baca Juga :  Awas! Kena Sanksi Pelanggaran PSBB di Jakarta

Kegiatan ini, bertujuan untuk mengurangi impor kacang kedelai, seperti yang di kutip melalui rapat terbuka oleh pemerintah pusat melalui program mentri pertanian bulan lalu, tambahnya.

Diharapkam dalam fokus pengembangan pemerintah untuk produksi kacang kedelai secara lokal dan agar lebih meningkat. Ketetapan Jumlah kuota di seluruh Indonesia Luas 525.000 hektar, propinsi Jawa barat 75.000.Hektar. kuota untuk Kabupaten Sukabumi 25.000,hektar. Wilayah VI 5000 hektar, kecamatan Ciracap 2100 hektar, desa Pangumbahan 350 hektar

Keterangan yang sama ketua Gabungan Kelompok Tani Sabilulungan desa Pangumbahan Ruswandi. membenarkan Kuota penanaman kacang kedelai memiliki luasan yang akan di tanami sesuai Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) Seluas 350 Ha, terdiri 17 kelompok, diantaranya Poktan Tani jaya, Poktan Mutiara Tani, Poktan Ace mandiri pakidulan, Poktan Subur makmur, Poktan Tani Bersama, Ci kabuyutan, Poktan Wana Berkah, Poktan KTM Sejahtra, Poktan Jaringao, Poktan Motekar, Poktan Amarta, Poktan Remaja Karya, Poktan Tabah Barokah, Amanah, Poktan Akur, Poktan Tani Karya, Poktan Waluran Mukti.

Baca Juga :  Situs Batu Kujang

Nampak hadir 10 Kelompok Sosialisai program Penananam Areal Tanaman Baru (PATB) Kacang Kedelai, tuturnya

Dalam pertemuan tersebut beberapa Aspirasi dari para ketua kelompok Tani (poktan) di antaranya Kasino 49 Ketua Poktan Tabarok dan Ketua Poktan Wana Berkah H.Turip Firmasyah 52  Menyampaikan, masih minimnya kepercayaan para petani di lapangan masih menjadi bahan perbincangan soal penanaman Kacang Kedelai untuk penghasilan di masa panen, karena minat harga kacang kedelai di Pangumbahan dapat di rasakan para petani trauma, Karena para petani membutuhkan solusi terbaik, selain soal pemasaran maupun harga jual yang sangat murah, paparnya

Baca Juga :  Penertiban Masker Di Palagan Bojongkokosan Oleh Polsek Dan Muspika Parungkuda

KARIM

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here