Hujan Deras Menyebabkan Akses Jalan Amblas Dan Rumah Warga Ambruk Di Kec.Pabuaran

Laporan : Engkus Kusnadi

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Jalan penghubung Desa Sukajaya dengan Desa Ciwalat Kecamatan Pabuaran tertimbun longsor pasca hujan deras yang terjadi berjam-jam kemarin sore hingga malam, longsoran tanah berasal dari bukit-bukit yang berada disepanjang jalan.

Badan jalan yang biasa digunakan masyarakat tertimbun longsor dan tidak bisa di lalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Titik lokasi longsor berada dusekitar Jembatan sebelum tanjakan Ciasih, Kampung Ciasih Desa Ciwalat Kecamatan Pabuaran, sementara bagi pengguna jalan yang hendak melewati akses tersebut diintruksikan putar arah untuk melewati jalur alternatif.

Baca Juga :  Kasatpel SDA Kecamatan Cilincing Dan lurah Sukapura Meninjau Lokasi Pembangunan Kolam Retensi RW 03 Kel.Sukapura Jakut

Selain akses jalan yang terkena imbas longsoran, beberapa rumah warga di Kampung Ciasih ikut terbawa arus air hujan yang begitu derasnya selanjutnya mengakibatkan beberapa rumah ambruk berserakan.

Beruntung dari kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa, hanya diperkirakan kerugian terutama dari rumah yang ambruk mencapai puluhan juta rupiah.
Dengan kesigapan warga masyrakat dan di bantu aparatur pemerintah setempat akhirnya evakuasi bisa dilaksanakan dalam waktu relatif singkat dengan di pimpin langsung oleh Kepala Desa Ciwalat Usep dan didampingi oleh Babinsa Riyadi, selain itu dari Pemerintah Kecamatan dan BPBD korlap Pabuaran pun turut hadir membantu, tidak ketinggalan beberapa tokoh masyarakat lainnya hadir membantu, organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila Ranting Ciwalat di bawah pimpinan Engkus Kusnadi Sekaligus ketua BPD Desa Ciwalat, ikut mensupport dan mengerahkan anggota untuk membantu membersihkan lokasi yang terkena longsor tersebut.

Baca Juga :  Hj. Yani Jatnika Marwan beserta Anggota FORMI, Jajaki Arus liar Memasuki AKB

“alhamdulilah siang ini ruas jalan sudah bisa digunakan lagi, kami berharap dalam situasi sekarang dengan cuaca tidak menentu kita perlu berhati-hati”,ucap Usep. “kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkorban tenaga, memperbaiki jalanan ini”, pungkas Usep.

Berkat kerja sama semua elemen ruas jalan kembali normal, puing-puing rumah yang terkena longsor pun sudah dibersihkan.

ROB

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here