JEKDES Aplikasi Online Pajampangan Berdayakan Warga Dimasa Pandemi

Laporan : Robbi Sugara

INFOKOWASI.COM, Jampang Sukabumi

Sebuah aplikasi Jasa Online berbasis Android yang turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta memberikan peluang lebih menjanjikan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terlebih dimasa pandemi Covid-19, kini hadir di Kabupaten Sukabumi terutama di wilayah Pajampangan.

Inovasi yang bisa menjadi alternatif usaha dimasa pandemi ini dikenalkan sejak Maret 2020 lalu, oleh Agis Prayudi pemuda kelahiran 23 November 1994 beralamat di Kampung Sukatengah Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi dengan basic pendidikan sarjana Manajemen dari STIE Pasundan Bandung, Agis berhasil menciptakan Aplikasi Ojeg Online Desa (JEKDES).

JEKDES kini dengan mudah bisa diakses melalui Facebook maupun Instagram sementara aplikasi JEKDES dapat didownload langsung dari Google Play Store, aplikasi ini memiliki beberapa jenis penyedia jasa online di antaranya, jasa transportasi penumpang, jasa pengiriman barang, makanan, logistik, serta kebutuhan harian lainnya.

Baca Juga :  Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Jampangtengah Adakan Evaluasi

Kini Aplikasi JEKDES sudah memiliki mitra berupa pelaku UMKM sebanyak 200 pengusaha serta 100 pengemudi yang tersebar sedikitnya di 10 kecamatan di Pajampangan.
Memang tarif jasa JEKDES menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena memiliki tarif yang relatif murah, kisaran Rp2.000/km bagi jasa Ojeg online, dan Rp5.000/km untuk Jekcar.

Agis Prayudi menuturkan dirinya menciptakan Aplikasi JEKDES ini tidak terlepas dari pengalamannya menjadi Ojol saat kuliah.
“ide awal saya membuat JEKDES ini tidak terlepas dari pengalaman waktu saya kuliah di Bandung dulu, saya pernah bekerja menjadi Ojeg Online”, ucap Agis.
“saya pikir mengapa tidak di kampung pun warga menggunakan aplikasi online untuk memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan , masyarakat di kampung sekarang sudah melek internet, sudah mahir bermedsos, akhirnya berbekal kemampuan marketing saya selama perkuliahan saya launching JEKDES ini melalui Facebook, ternyata banyak masyarakat tertarik dan bergabung, dalam waktu 7 bulan JEKDES ini sudah bisa membuat ekosistem dan jaringan yang cukup luas”, jelas Agis.

Baca Juga :  Rapid Test Prajurit dan Keluarga Rindam XII/Tpr Non Reaktif

Kini sebanyak 100 pengemudi dan 200 pengusaha UMKM sudah bisa menikmati keberaradaan JEKDES, bahkan menurut Agis sekitar 40% dari 200 pelaku UMKM merupakan pengusaha baru dari kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) yang ingin berusaha namun tidak memiliki lapak sehingga mendapat keuntungan dengan memanfaatkan Aplikasi jasa online ini.

“Ibu-Ibu bisa berjualan dari rumah tanpa harus memiliki lapak, tidak meninggalkan keluarga, cukup bermitra dengan JEKDES usaha bisa lancar, karena yang bergerak melakukan mobilitas pendistribusian adalah JEKDES”, tandas Agis.

Agis pun menuturkan hingga saat ini JEKDES sudah memiliki sekitar 5.000 user di wilayah Sukabumi Selatan atau Pajampangan.

“80 % pelanggan kami ini merupakan pemesan makanan, tapi selain jasa mengantar order makanan dan transportasi online, kami pun sudah menyediakan fitur jual beli buah dan sayuran dengan tujuan membantu memberikan stabilitas nominal harga jual bagi para petani, petani bisa langsung menjual kepada pembeli dengan harga normal pasaran, tidak seperti petani menjual kepada tengkulak, ada juga fitur klinik online, petugas medis serta analis bisa datang langsung ke rumah pelanggan”, pungkas Agis.

Baca Juga :  Jelang New Normal, Kapolda Banten Bersama Danrem 064/MY, Tinjau Protokol Kesehatan di Pusat Belanja Kota Serang

Agis berharap JEKDES dengan berbagai fitur bisa meningkatkan taraf hidup serta membantu memberikan solusi terhadap dampak wabah Corona saat ini yang menuntut warga untuk tidak terlalu banyak keluar rumah.

Warga tidak usah pergi jauh untuk bekerja, tidak perlu meninggalkan rumah terutama disaat pandemi masih mewabah, tidak perlu keluar kota untuk mencari kerja, karena JEKDES sudah siap bermitra.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here