KOWASI akan Sikapi Terkait Laporan Semester Amdal Kantor PPNP

Sukabumi, infokowasi.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi sebelumnya sudah melayangkan beberapa kali surat himbauan untuk mengingatkan Kantor PPNP agar segera menyampaikan Laporan Semester Amdal, hingga terbit informasi dari media online yang ada di Sukabumi.

Laporan Semester merupakan salah satu kewajiban perusahaan pemerintah maupun swasta yang harus memiliki Dokumen Amdal.

Kantor PPNP telah mengakui terkait ada surat yang dilayangkan DLH Kabupaten Sukabumi terkait Laporan Semester Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Kantor PPNP Merupakan Instansi di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan menyampaikan bahwa di area PPNP belum memiliki Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dari sisa hasil produksi Ikan laut.

Baca Juga :  Sejumlah Komunitas di Palabuhanratu Salurkan Bantuan Ke RSUD Palabuhanratu

“Betul, dalam beberapa waktu lalu kami menerima surat dari Dinas Lingkungan Hidup, terkait hal itu kami bukan tidak merespon akan tetapi masalahnya dalam pembuatan dokumen laporan semester baru kami usulkan anggarannya ke tahap pusat di tahun ini,” Ucap Ririn Sugiharyati selaku Kepala PPNP didampingi Kasubag Tata Usaha PPNP Asep Pardiansyah, saat ditemui di kantornya. Jumat (17/07/20).

“Dokumen Laporan Semester tentunya bagian dari kewajiban Pemilik Amdal, kami akan segera buatkan, serta kami pun akan melakukan evaluasi dan pengawasan kepada Pengelola limbah Cair sisa Produksi Ikan di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ataupun Unit Pelelangan Ikan (UPI) yang telah disewakan pada perusahaan di area PPNP,” tambahnya.

Baca Juga :  Berita COVID-19 Kabupaten Sukabumi, Selasa, 28 Juli 2020

“Ini merupakan bagian dari tugas kami yang belum dilakukan dan bagian dari PR untuk ke depan, bilamana kami kurang dalam pengawasan Perihal Pengelolaan Limbah Bekas Produksi di area PPNP kami tingkatkan pengawasan atas yang dihasilkan pedagang ikan di TPI dan UPI,” tegasnya.

Ririn Sugiharyati menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan penataan drainase. Sebab di area TPI saat ini drainase mengalami penyumbatan akibat sendimentasi.

“Berkenaan dengan Permasalahan pengelolaan limbah di area wilayah PPNP kami segera melakukan pembahasan dalam perbaikan, salah satunya drainase di area pedagang TPI maupun unit pengelola Ikan agar secepatnya memperbaiki pengelolaan Limbah Cair Sisa Produksi Ikan,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Umum KOWASI Heri Setiawan beserta Korwil KOWASI Palabuhanratu Ujang Ruswandi, berjanji akan menyikapi tentang adanya laporan Semester Amdal, demi memberikan informasi yang akurat dan transparan.

Baca Juga :  Berdamai dengan Pandemi, Momentum Pemenuhan Hak-Hak Anak Indonesia

“kita sebagai Wadah Sosial kontrol sudah sepatutnya bisa memberikan informasi yang berguna tentang laporan semester Amdal ini,” bebernya.

Laporan : Ujang Ruswandi

Red

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here