Masjid Jami Al-Iklas Cimadang Desa Cijulang Bangun Total Dari Donasi Dan Swadaya

Laporan: Robbi Sugara

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Masjid Jami Al-Ikhlas yang berlokasi di Kampung Pasir Hanjuang Cimadang RT 33 RW 10 Desa Cijulang Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi mendapatkan bantuan dana untuk perbaikan total.

Bangunan yang berdiri diatas tanah wakaf dibangun sekitar tahun 2010 tersebut dipugar secara keseluruhan, selain bentuk bangunan ukuran Masjid pun mengalami perubahan menjadi 10 meter x 15 meter dari luas awal hanya 7 meter x 8 meter

Asep (28) selaku Kepala Kedusunan Cimadang menuturkan bahwa pembangunan Masjid tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kenyamanan Mustami dalam melaksanakan peribadatan, terutama untuk memenuhi daya tampung.

Baca Juga :  PLN DI WILAYAH PAJAMPANGAN GETOL MATI

Sementara dana bantuan yang diterima oleh pihak panitia pelaksana pembangunan berupa material bahan dasar.
Asep pun menjelaskan bahwa dalam pembangunan tersebut 30 persen merupakan swadaya masyarakat.

“kami menerima anggaran berupa material bahan bangunan seperti pasir, semen, batu kali, genting, batu bata dan lainnya serta upah kerja sebesar 70 persen dari donatur, 30 persen lagi menjadi swadaya masyarakat dalam bentuk bahan bangunan sejenis material kayu dan jasa kerja”, jelas Asep.

“masyarakat antusias sekali menerima bantuan ini karena bukan hal mudah untuk memiliki sarana ibadah yang standar disaat sekarang ini, apalagi mengandalkan swadaya murni dengan beban biaya besar cukup sulit terealisasi”, tandas Asep.

Baca Juga :  500 Warga Desa Sirnaresmi Terima Bantuan Sosial Tunai Pemkab Sukabumi

Untuk program pembangunan warga mempercayakan sepenuhnya kepada Pelaksana pembangunan lokal sekaligus penanggung jawab kegiatan yaitu Jeje Jimi serta perwakilan dari donatur, Yusril.

Sementara Jeje Jimi menjelaskan selain pembangunan Masjid didirikan juga beberapa bangunan penunjang yaitu berupa sarana MCK, tempat Wudlu, dan perumahan Marbot, progres pembangunan saat ini ditaksir mencapai kisaran 45 sampai 55 persen.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here