Monumen Bung Karno Berdiri Di Aljazair Bentuk Penghormatan Untuk Soekarno

Infokowasi.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertolak ke Aljazair dalam rangka kunjungan kerja sekaligus diminta untuk membangun monumen Presiden Soekarno di pusat kota Aljir.

“Akhir Juni ini, Insha Allah diresmikan kalau lancar tidak ada hambatan berarti,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung.

Kunjungan Ridwan Kamil Ke Aljazair
Kunjungan Ridwan Kamil Ke Aljazair

Pria yang akrab disapa Emil itu sempat mengunggah desain monumen Bung Karno lewat akun sosial media Instagram pribadinya. Monumen itu memiliki lima pilar berbentuk bulat dengan patung Bung Karno ditengahnya. “(Filosofinya) kalau dari atas ada bulan sabit sebagai lambang Aljazair. Patung Bung Karno di dikelilingi lima pilar artinya lima sila Pancasila,” kata Emil.

Baca Juga :  Duel, Mahasiswa WNI Hajar Pria Rasis Amerika Hingga Tak Mampu Berdiri
Desain Awal Monumen Soekarno Oleh Ridwan Kamil
Desain Awal Monumen Soekarno Oleh Ridwan Kamil

Monumen Soekarno dirancang sendiri oleh Emil. Dari desain awal, monumen yang berbentuk patung setengah badan itu berada di tengah-tengah lingkaran bulan sabit berwarna hijau sebagai lambang bendera negara Aljazair. Soekarno memang sangat populer di Aljazair

Aljazair memang menyimpan rasa hormat kepada Bung Karno. Sebab, kemerdekaan Aljazair terinspirasi dari semangat Bung Karno. Hal ini berawal dari undangan Soekarno kepada Aljazair untuk mengikuti KTT Asia-Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Laporan : Dadan Haekal
Editor : WD

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here