P3TGAI Cibenjoy Desa Mangkalaya Realisasikan Saluran Irigasi Sesuai Harapan Warga

Laporan : Heri Setiawan

Infokowasi.com, Sukabumi

Peningkatan irigasi pada Daerah Irigasi Ciraden 10 melalui program P3-TGAI dilaksanakan oleh P3A Cibencoy

Program Peningkatan Percepatan Pembangunan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memberikan berbagai kemudahan khususnya kepada para petani. Dengan program ini, para petani memiliki akses sumber air yang dialirkan melalui saluran irigasi.

Karena itu para petani yang tergabung di dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Cibencoy di Desa mangkalaya, Kecamatan gunung guruh Kabupaten Sukabumi menyambut dengan antusias program P3-TGAI dari Kementerian PUPR itu. Dengan program tersebut, P3A Cibencoy dapat meningkatkan mutu jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Ciraden 10

Pembangunan jaringan irigasi Ciraden 10 mengairi kurang lebih 50 hektar sawah dan itupun dilaksanakan secara swakelola oleh kami dengan sumber anggaran dari pemerintah pusat. Sampai sekarang penyelesaiannya sudah sekitar 95 persen,” kata Ketua P3A Abad kepada awak media pada Rabu (02/06/2021).

Baca Juga :  KOWASI Gelar Rapat Pembubaran Panitia HUT X KOWASI dan Persiapan MUBES Akhir Tahun 2020

pekerjaan tersebut dilaksanakan secara swakelola, ujar dia, P3A Bencoy mengerjakannya dengan baik dan rapih disertai niat dan tekad untuk pengabdian pada masyarakat.agar Pembangunan jaringan irigasi ini dikelola oleh petani untuk petani.dan Para petani juga bertekad untuk membuat jaringan irigasi yang kuat dan kokoh karena hasilnya untuk mereka juga

Dalam mengerjakan proyek irigasi ini, kami selaku pelaksana selalu memperhatikan bimbingan dan arahan, serta petunjuk dari tim dari Kementerian PUPR berikut Kepala Desa mangkalaya yang setiap saat mengontrol kelokasi kegiatan agar hasil pekerjaan sesuai dengan juklak, dan juknisnya,” jelas Abad

Baca Juga :  Pemdes Desa Pondokkaso Tengah Salurkan Paket Sembako Bantuan Provinsi.

Atas nama tim pelaksana kegiatan, Abad menyampaikan terima kasih kepada Deden Irawan selaku Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang telah memfasilitasi dan membimbing P3A Cibencoy dalam pelaksanaan pembangunan irigasi sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan keadaan para petani di Desa mangkalaya dengan Adanya perbaikan irigasi ini, pesawahan kami tidak akan kekurangan air,” ucap dia.

Ditempat yang tak jauh dari lokasi pekerjaan Salah seorang tokoh warga Desa mangkalaya Tamim yang mewakili kelompok Tani yang sudah teregister di dinas pertanian kabupaten sukabumi diapun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada P3A Cibencoy yang telah sukses mengerjakan pembangunan irigasi dari program P3-TGAI. Dengan adanya irigasi yang dibangun itu, ujar Tamim para petani tidak akan mengalami kesusahan akibat kesulitan mendapatkan pasokan air.

Baca Juga :  Bawaslu Kab.Sukabumi Terima Study Banding SKPP Nasional Bawaslu RI

Kepala Desa mangkalaya
Hj endang Sholihin menyatakan, program P3-TGAI untuk peningkatan irigasi di desanya berasal dari Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sungai Citarum Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI. Dia yakin program ini dapat meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas para petani.

“Kami mengharapkan perbaikan irigasi ini dapat meningkatkan produksi hasil pertanian di Desa kami umumnya dikecamatan gunung guruh kabupaten sukabumi pungkasnya

Red

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here