Pasca Larangan Mudik, Oprasional Terminal Baranangsiang Tutup Hingga 31 Mei 2020

Kota Bogor, infokowasi.com – Spanduk larangan mudik terpampang di sekitar Terminal Bus Baranangsiang, Kota Bogor, Sabtu (25/4/2020). Kondisi terminal ini sepi dari hiruk pikuk penumpang pasca-diterapkannya pembatasan sosial berskala besar dan juga larangan mudik untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Sejumlah trayek perjalanan menuju luar Jabodetabek pun akhirnya dihentikan. Terminal Penumpang Tipe A Baranangsiang, Kota Bogor tak lagi melayani operasional bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mulai hari Jumat (24/4/2020) hingga 31 Mei 2020.

Keputusan tersebut terkait dengan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 Hijriah.

Baca Juga :  Pemdes Parungseah Bersama Warga Bombardir COVID-19

Staf Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Terminal Baranangsiang, Tiara R P mengatakan, sejak pagi bus AKAP mulai meninggalkan Terminal Baranangsiang untuk menuju pool busnya masing-masing.

“Mereka sudah ke pool masing-masing setelah dikabarkan Permenhub tersebut,” kata Tiara, Pekan ini.

Tiara mengungkapkan, sejak diumumkannya wabah virus corona di Indonesia, nampak sangat jelas perubahan jumlah penumpang yang sangat signifikan. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, hampir sama sekali tak ada penumpang untuk pemberangkatan ke wilayah-wilayah tujuan para pemudik.

“Jangankan lonjakan penumpang. Bahkan ada bus yang ke wilayah Jawa Tengah tanpa penumpang,” katanya.

Baca Juga :  Info Terbaru (7/6) Data Covid-19 Kabupaten Sukabumi: PDP +1

Dari data laporan harian Terminal Baranangsiang, jumlah keberangkatan per hari senin lalu (20/4/2020) ada sebanyak 2.580 penumpang dari 394 kendaraan.

“Jumlah tersebut, hampir semua penumpang melakukan perjalanan di wilayah Jabodetabek. Tidak ada yang ke Jawa Tengah maupun Timur,” ujar Tiara.

Laporan : Iwa Kuswara

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here