Pembangunan Rumah Supardi Libatkan Swadaya OKP, BPD, LKD, Dan Pemdes Panumbangan

Laporan : Robbi Sugara

INFOKOWASI.CKM, Sukabumi

Pembangunan rumah milik Supardi (68) warga Kampung Cikepok RT 029 RW 006 Desa Panumbangan Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi dimulai, Hari ini Sabtu, 16 Januari 2021.
Rumah Supardi menjadi salah satu rumah yang mendapatkan program perbaikan rumah tidak layak huni dari BAZNAS Kabupaten Sukabumi dengan nominal anggaran 25 juta rupiah.

Menurut Anwar Sujono (39) selaku pemuda setempat menuturkan bahwa hari ini pembangunan rumah Supardi dilaksanakan swadaya oleh masyarakat sekitar, Pemdes, BPD, Karang Taruna, serta anggota Pemuda Pancasila Ranting Panumbangan, dan Organisasi Kepemudaan Regard, turut berperan.
“pengerjaan hari ini diawali dengan bersama-sama melakukan pembongkaran bangunan asal, dilanjutkan pembuatan pondasi, pembangunan direncanakan sesuai gambar yang kami terima yaitu 6 meter x 8 meter sesuai ukuran awal, jenis permanen”, jelas Anwar Sujono.

Baca Juga :  Sapi Super Jumbo Sudah Bersertifikat Layak Dijadikan Hewan Qurban

Senada dengan itu Kepala Desa Panumbangan Lalan Jaelani pun membenarkan.
“sesuai rencana awal pembangunan rumah Bapak Supardi memang dijadwalkan mulai hari ini, dengan melibatkan unsur masyarakat, Pemdes, Lembaga Desa, dan Organisasi Kepemudaan”, ungkap Lalan Jaelani.
“kami menghimbau dari awal agar warga dan pemdes yang tidak berkepentingan keluar hari ini untuk membantu, tujuannya supaya bisa meminimalisasi anggaran pengupahan, paling tidak bisa memperkecil pengeluaran, bantuan dari BAZNAS difokuskan untuk material bangunan saja agar maksimal hasilnya nanti, walau memang ada pekerja ahli yang dibayar tapi terbatas satu atau dua orang saja”, tandas Lalan Jaelani.

Baca Juga :  Pedagang Keliling di Purwakarta Dapat Stimulus Rp 2 Juta

“diharapkan setiap hari ada penjadwalan bagi warga yang akan membantu, jadi swadaya tiap hari ada dengan metode bergiliran”, pungkas Lalan Jaelani.
Kades Panumbangan pun berharap dengan banyaknya partisipasi swadaya dari masyarakat akan membantu mempercepat pembangunan dengan target dua minggu ke depan, rumah Supardi sudah rampung.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here