Pemda Sukabumi Serahkan Buku Tabungan Bantuan kepada Imam Masjid se-Kecamatan Jampangtengah

Pemda Sukabumi Serahkan Buku Tabungan Bantuan kepada Imam Masjid se-Kecamatan Jampangtengah

Sukabumi, infokowasi.com

Kamis, 02 Juli 2020, bertempat di Masjid Besar Alhuriyah Jampangtengah, sejumlah 200 orang imam dari 5 Desa se-Kecamatan Jampangtengah menerima rekening Bank Jabar Banten, sebagai bantuan dari pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Kelima desa itu terdiri dari : Desa Bojongjengkol , Desa Bojongtipar, Desa Bantaragung, Desa Cijulang dan Desa Sindangresmi. Sementara untuk desa lain sudah berangsur terealisasi sebelumnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasubag Kesra Kabupaten Sukabumi mewakili Bupati, Ketua DMI dari tingkat desa sampai Kabupaten, Ketua MUI, FORKOPIMCAM Jampangtengah, serta perwakilan dari BJB.

Pemerintah Daerah Serahkan Buku Tabungan Bantuan Kepada Imam Masjid Se Kecamatan Jampangtengah

Dalam penyampaian sambutannya Camat Jampagtengah Drs. Sabar Suko, menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan penyerahan Rekening Bantuan untuk Imam masjid yang terdampak covid-19, tentunya pada bidang keagamaan pun tidak luput terdampak dari fenomena global tersebut, program tersebut merupakan bukti perhatian pemerintah atas rasa prihatin kepada para pemimpin informal dimasyarakat.

Baca Juga :  RAPI Siap Mengoptimalkan Perannya Dalam Diseminasi Informasi

Sabar pun berharap Imam masjid dapat turut serta menyampaikan program pemerintah, ikut membina masyarakat supaya tenang kaitan situasi ekonomi, tetap waspada dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru, juga dalam menghadapi gejolak politik, dan selalu mengantisipasi menghadapi bencana alam.

Pemerintah Daerah Serahkan Buku Tabungan Bantuan Kepada Imam Masjid Se Kecamatan Jampangtengah

Sementara dalam pemaparan laporan yang disampaikan ketua DMI Kecamatan Jampangtengah, Ajid Sutisna, S.Ip. menjelaskan sampai saat ini terdata jumlah Masjid Jami di Kecamatan Jampangtengah sebanyak 237 buah dengan jumlah imam sebanyak 655 orang. Dari total tersebut yang setujui oleh pemerintah Kabupaten untuk mendapat bantuan sebanyak 523 orang, dikarenakan ketika di periksa Nomor Induk Kependudukan terdeteksi ada yang sudah tersertifikasi serta terdata mendapat bantuan sosial lain dari pemerintah.

Baca Juga :  Ini Arti "New Normal", Istilah Baru di Tengah Pandemi Covid-19

Dilain pihak Ketua DMI Kabupaten Sukabumi, KH Abdul Ajiz menyatakan merasa bahagia atas realisasi bantuan bagi para Imam masjid ini, ungkapnya bahwa sebelumnya pun Imam Masjid ini tiap tahunnya selalu mendapat bantuan dari BAZNAS namun tidak berbasis data imam melainkan berdasarkan data jumlah desa dengan nominal 1 juta perdesa.

Abdul Ajiz pun menyampaikan harapan besar kepada Pemkab untuk melakukan penataan atas data masjid, imam dan khotib, supaya semua tercover dalam satu data yang valid.

Pemerintah Daerah Serahkan Buku Tabungan Bantuan Kepada Imam Masjid Se Kecamatan Jampangtengah

Selanjutnya Abdul Ajiz pun mengajak para imam untuk mengapresiasi pemerintah dan mensyukuri kaitan bantuan tersebut.

Sebanyak 1.736 Imam se-Kabupaten Sukabumi yang mendapat bantuan dari total 3.506 pengajuan. Itupun dari 1.736 Imam, yang pasti bisa mencairkan bantuan sejumlah 1.480 orang, sementara sisanya terkendala bantuan ganda atau sudah mendapat sertifikasi.

Baca Juga :  UPT Kebersihan III Ciawi Serahkan Bantuan APD

Lebih lanjut ketua DMI Kabupaten Sukabumi mengharapkan pengkaderan yang lebih baik disetiap masjid baik imam maupun khotib.

Pada penyampaian selanjutnya, Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sukabumi, Hedi M Rasyad, S.Ag., yang hadir menyampaikan sambutan Bupati Sukabumi, memaparkan bahwa imam dan para pemuka agama memang menghadapi tantangan yang berat untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat serta diharapkan mampu memakmurkan masjid dengan berbagai persoalan.

Selanjutnya Pemkab melalui Dinsos memberikan rasa kepedulian kepada Imam Masjid sehingga 523 imam masjid di Jampangtengah menerima bantuan yang disalurkan melalui rekening dari BJB untuk digunakan sebaik-baiknya.

Laporan : Robi Sugara
Editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here