Pentingnya Penguatan PKBM untuk Anak Negeri

Pentingnya Penguatan PKBM untuk anak Negeri

Oleh : H. Budi Widaya (Ketua Dewan Pembina Kowasi/ Pimpinan Umum Infokowasi.com)

Pentingnya Penguatan PKBM untuk anak Negeri

Sukabumi, infokowasi.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain:
1. Akta Notaris
2. NPWP
3. Susunan Badan pengurus 4. Sekretariat
5. Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab/kota

Pentingnya Penguatan PKBM untuk anak Negeri

Cakupan Kegiatan Sunting
Cakupan kegiatan antara lain:

– Kejar Paket A

– Kejar Paket B

– Kejar Paket C

– PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

– KBU (Kelompok Belajar Usaha)

– KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif)

– Pemberdayaan Perempuan

– Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa

– Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan)

PKBM adalah satuan pendidikan nonformal yang sah yang menyelenggarakan berbagai kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan masyarakat atas dasar prakarsa dari, oleh dan untuk masyarakat.

Sesuai dengan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003 adalah Pendidikan formal dan informal yang diselenggarakan sebagai suatu proses pembinaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat (Pasal 4 ayat 3).
Keberadaan PKBM semakin kuat kompilasi diterbitkannya UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 10 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan:

Baca Juga :  KOWASI akan Sikapi Terkait Laporan Semester Amdal Kantor PPNP

PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan nonformal. Keberadaan PKBM dihadiri kita dengan harapan untuk memberikan pelayanan pendidikan nonformal sebagai penambah, bantuan dan pelengkap pendidikan formal untuk warga masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan kecakapan hidup, mengembangkan sikap dan kepribadian, mengembangkan diri untuk meningkatkan kesejahteraan pemberdayaan masyarakat.
Rumpun pendidikan PKBM terdiri dari Paket Setar A SD / MI, Paket B Setara SMP / MTS / N / S, Paket Kejar C Setara SMA / MA / N / S dan program lainnya sesuai kebutuhan masyarakat lokal.

Pentingnya Penguatan PKBM untuk anak Negeri

Terdapat tiga tujuan penting dalam pengembangan PKBM:

1. memberdayakan masyarakat agar mampu mandiri (berdaya)

2. meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi.

3. Meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang terjadi dilingkungannya sehingga mampu memecahkan permasalahan tersebut.

Tujuan dan Manfaat


TUJUAN

Mendukung suksesnya program pendidikan dasar 9 tahun dengan memperluas akses pendidikan dan pendidikan menengah melalui Program Kejar Paket A, B dan C.

Baca Juga :  Rapat Pembentukan Panitia HUT ke-10 KOWASI

Memberikan peluang seluas-luasnya bagi masyarakat dan Buruh Migran Indonesia di Taiwan yang memiliki kendala untuk menikmati pendidikan dasar dan menengah yang tidak tertampung atau berbagai sebab sehingga putus sekolah atau drop out sambil tetap bekerja di berbagai bidang pekerjaan di negara Taiwan.

Membuka peluang pendidikan keterampilan dan vokasional bagi masyarakat dan dan Buruh Migran Indonesia di Taiwan serta membimbing hingga memiliki kecapakan hidup yang diharapkan nantinya berfungsi untuk memperoleh akses pekerjaan ataupun usaha sendiri, sehingga bisa mandiri dalam kehidupannya.

MANFAAT
Manfaat bagi Siswa

– Warga belajar mempunyai hak eligibilas yang sama dengan para pemegang ijazah pendidikan formal yang artinya adalah ijazah yang dikeluarkan oleh negara ini dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi maupun untuk keperluan pekerjaan.

– Warga belajar memiliki bekal dengan life skill atau kecakapan vokasional di bidang keterampilan khusus yang disesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing yang diharapkan mampu membekali warga belajar sehingga siap menghadapi dunia kerja maupun dunia usaha.

Baca Juga :  Kantor Sekretariat KOWASI Direhab Gunakan Dana Swadaya Anggota

– Manfaat bagi Lembaga

– Memperkuat kegiatan civitas akademika dalam berkreatifitas dan memperkaya khazanah      keilmuan dan wawasan.

– Kreasi dan kreatifitas akademisi dapat merupakan kebanggaan dan kepercayaan Institusi.

– Menjadi prospek masa depan yang baik dalam menjalin kerjasama dengan lembaga lain dalam mengembangkan kompetensi para siswa.

– Meningkatkan citra yang baik lembaga di mata masyarakat.

– Manfaat bagi Masyarakat

– Sebagai tempat melanjutkan pendidikan non-formal.

– Sumber informasi ilmu pengetahuan yang berkelanjutan.

– Sebagai mitra dalam upaya meningkatkan keilmuan, pengetahuan dan life-skill sebagai bekal dan penunjang kehidupan yang lebih baik.

– Manfaat bagi Bangsa

– Menunjang program pemerintah dalam hal pemerataan akses pendidikan, khususnya bagi Buruh Migran Indonesia di Negara Taiwan.

– Membantu menyediakan lembaga pendidikan khusus kejar paket.

– Tersedia sumber belajar level pendidikan tingkat dasar dan menengah berbasis IT  yang dapat diakses secara Internasional.

Srmoga dengan Tulisan ini, bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan dapat membantu pemerintah dalam Pendidikan Non Formal Demi anak Negeri.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here