Peringati Hari Sungai Indonesia LSM Dampal Jurig Bersama FKPPLH Kab Sukabumi Opsih Susur Sungai Di Kaki Pangrango

Laporan : Heri setiawan

Infokowasi.com, Sukabumi

Tanggal 28 Juli selalu diperingati sebagai hari sungai Indonesia dengan harapan segenap anak bangsa lebih peduli terhadap ekosistem sungai sebagai salah satu bagian kehidupan yang berharga bagi keseimbangan alam.

Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (LSM Dampal Jurig) Jabar beserta Forum Komunikasi Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (FKPPLH) Kabupaten Sukabumi mengadakan bakti sosial operasi bersih tepat pada hari sungai Indonesia dengan dengan cara susur sungai serta melakukan penanaman di daerah aliran sungai.

Baca Juga :  Terkuak, Bukit Algoritma Bagian Kec.Cikidang

Menurut Irvan Aziz selaku Ketua LSM Dampal Jurig kegiatan tersebut merupakan salah satu visi komunitas untuk selalu peduli terhadap penyelematan lingkungan hidup dan konservasi alam.

Selanjutnya Irvan menjelaskan sumber mata air dan daerah aliran sungai diberbagai lokasi misal,  di bawah Kaki Gunung Gede Pangrango, Halimun Salak, Dan Pajampangan terus dilakukan reboisasi dengan penanaman pohon.Adapun jenis pohon yang ditanam diantaranya bambu dan Enau.

“Maksud dari kegiatan Opsih serta penghijauan DAS adalah sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup untuk diwariskan kepada anak cucu kita kelak, serta semoga langkah yang kami lakukan dapat mengurangi resiko bahaya awal bencana alam sepert longsor, banjir,  yang kerap terjadi,” pungkas Irvan.

Baca Juga :  Kolaborasi Diskominfosan Dan KPCPEN, Gelar Webinar "Manfaat Program PEN Bagi UMKM"

Red

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here