Rapid Test Merupakan Bagian Dari Skrining Awal COVID-19

Rapid Test Merupakan Bagian Dari Skrining Awal COVID-19

Jakarta, Infokowasi.com – Kita ketahui bahwa rapid test merupakan bagian dari skrining awal COVID-19. Jika dilakukan sesuai prosedur yang ada maka aman digunakan dan akan membantu diri kita, orang lain dan pemerintah.

Rapid Test dilakukan untuk mendeteksi antibodi apakah yang bersangkutan reaktif atau nonreaktif. Kegiatan ini juga disinergikan dengan contact tracing.

Rapid Test Merupakan Bagian Dari Skrining Awal COVID-19

Jika hasil tes reaktif apa yg harus dilakukan?

Jika ditemukan kasus reaktif maka akan langsung dilakukan test PCR/swab kemudian dilanjutkan contact tracing baik dirumah maupun tempat kerja guna menemukan kasus positif lainnya untuk diisolasi agar tidak menjadi sumber penularan COVID-19 di masyarakat.

Baca Juga :  Bambang Sutoyo Ucapkan Terimakasih Kepada Warga Parungseah

Jika ditemukan kasus nonreaktif, Test akan diulang 7-10 hari kemudian. Dalam hal ini protokol kesehatan harus tetap diterapkan secara ketat.

Mengapa saat hasil pemeriksaan Rapid Test Reaktif dilanjutkan pada pemeriksaan PCR/TCM?

PCR dan TCM adalah dua metode tes yang basisnya adalah antigen, memeriksa virusnya secara langsung. Melalui kedua tes ini ditentukan apakah kasus positif atau negatif COVID-19

PCR adalah metode pengetesan melalui laboratorium monokuler untuk mengidentifikasi DNA dan RNA. Alur Pengambilan spesimen Untuk COVID19 dilakukan di RS Rujukan kepada pasien, lalu dikirim ke Lab spesimen tsb. Spesimen yang diambil adalah Nasofaring, Bronchoalveolar lavage, tracheal aspirate, sputum dan serum.

Baca Juga :  Wow! PEH Temukan Seekor Elang Jawa Muda Gunung Ciremai

TCM merupakan alat diagnostik penyakit TBC yang telah dikonversi berupa setting mesin dan penggunaan cartridge khusus agar mampu melakukan pemeriksaan COVID19. Alat ini sudah tersebar hampir seluruh rumah sakit di Indonesia.

Sumber: Kemenkes

#BersatuLawanCOVID19

Laporan : Dadan Haekal
Editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here