SDN Suradita Geger Bitung Rusak Parah Terdampak Pergerakan Tanah

Laporan : Robbi Sugara

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Bencana alam berupa pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Balekambang dan Suradita Desa Ciengang Kecamatan Geger Bitung Kabupaten Sukabumi mengakibatkan kerusakan pemukiman warga serta fasilitas umum lainnya.
Sebanyak 129 kepala keluarga (KK) atau 230 jiwa terpaksa mengungsi, akibat permukiman warga masuk zona merah pergerakan tanah.

Selain itu salah satu sekolah yang berada di lokasi utama titik bencana pergerakan tanah yaitu SD Negeri Suradita mengalami kerusakan cukup parah.
Sumiratnah, S.Pd.SD selaku Kepala SD Negeri Suradita menuturkan untuk sementara benda berharga serta dokumen penting sekolah sudah diamankan.

Baca Juga :  Pembuatan Spesial Adeeva Cake, Tutup Adegan Si Bolang Desa Panumbangan

“peralatan sekolah yang memang penting sudah kami inventarisir dan sudah dipindahkan ke tempat aman, sementara kami memindahkan kegiatan ke SD Negeri 1 Ciengang”, ucap Sumiratnah. Sumiratnah menjelaskan kerusakan cukup parah nampak terlihat jelas disetiap ruang kelas.

“umumnya kerusakan berupa retak-retakan pada dinding tembok, retakan sudah ada yang mencapai lebar 5 centimeter, kemudian pada lantai keramik ada penurunan hingga membentuk cekungan, bahkan beberapa bagian tembok banyak yang terkelupas, ada juga retakan tanah dihalaman”, jelas Sumiratnah.

“kalau pun tatap muka dilaksanakan, saya rasa bangunan sekolah sudah tidak layak lagi digunakan”, pungkas Sumiratnah. Memang kondisi bangunan sangat mengkhawatirkan kemungkinan besar bangunan tersebut akan ambruk, terlebih pergerakan tanah masih menunjukan aktifitas.

Baca Juga :  Hasil Swab Turun, Sebagian Besar Negatif Covid-19

Sumiratnah berharap pemerintah segera melakukan tindakan konkrit terutama untuk merelokasi SD Negeri Suradita yang dipimpinnya ke tempat yang lebih aman.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here