Tahun Ajaran Baru PKBM LPMD Gratiskan Semua Biaya Pembelajaran

Sukabumi, infokowasi.com – Menyongsong Tahun Ajaran 2020-2021, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Langkah Prima Masa Depan (LPMD) yang beralamat di Desa Cijalingan Kec. Cicantayan Kab. Sukabumi, kembali menerima peserta didik baru.

Dalam kegiatan pembelajarannya, PKBM LPMD yang diketuai oleh Endin, S.Pd., membuka beberapa paket program, yaitu: Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Selain itu, para peserta didik PKBM LPMD pun akan dibekali pula dengan keterampilan menjahit dan keterampilan membuat sandal.

PKBM LPMD
Kegiatan belajar mengajar di PKBM LPMD

Dalam rangka turut mensukseskan program pemerintah yang mengupayakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajar Dikdas) 12 Tahun, PKBM LPMD yang berada di bawah naungan Yayasan At Taun yang dipimpin oleh H. Baban Sobandi, S.Pd., itu pun bekerjasama dengan pemerintahan desa se-Kecamatan Cicantayan untuk membuka kelompok belajar di setiap desa.

Baca Juga :  Percepat Pembangunan Infrastruktur Pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, Pemda Usulkan Lima Poin Krusial

Adapun mengenai biaya pendidikan, PKBM LPMD akan menggratiskannya, alias tak dipungut biaya sama sekali. Pasalnya, seluruh biaya pembelajaran PKBM LPMD telah didanai dari dana yang bersumber dari pemerintah.

“Dengan Visi, mewujudkan PKBM yang mampu meluluskan peserta didik yang terampil, memiliki kecakapan hidup, menguasai IPTEK serta meningkatkan IMTAQ, kami mempunyai misi memberikan layanan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C,” ujar Endin.
PKBM LPMD
Ketua PKBM LPMD, Endin, S.Pd

Lebih lanjut Endin memaparkan apa yang menjadi misi PKBM LPMD itu sendiri. Yaitu memberikan layanan pendidikan keaksaraan dan peningkatan budaya baca masyarakat melalui layanan Taman Bacaan Masyarakat, memberikan pelatihan kecakapan hidup berbasis teknologi, mewujudkan pendidikan yang berkeadilan gender, serta mendukung upaya pencegahan pelanggaran HAM.

Baca Juga :  25 Jamaah Al Hidayah di Rapid Test, Risbandi "Kita Dukung Upaya Pemda Menangani Pandemi"

“Kemudian, kami juga mempunyai misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama, meningkatkan kapasitas kelembagaan, sarana dan prasarana yang memadai serta ketenagaan yang profesional. Dan memperluas efektivitas kegiatan PKBM melalui Desa Binaan, serta menyelenggarakan Pendidikan Keagamaan,” terang Endin.

Dari hasil penelusuran infokowasi.com, bentuk kerjasama antara pemerintahan desa se-Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Caringin Kab. Sukabumi untuk membuka kelompok belajar di setiap desa, terbukti dari disebarkannya pemberitahuan melalui gadget oleh para perangkat desa, RT dan RW setempat kepada masyarakat mengenai telah dibukannya Tahun Ajaran baru di PKBM LPMD yang tidak dipungut biaya/Gratis.

Baca Juga :  17 Tahun Menjadi Buronan Pembobol BNI Rp 1,7 Triliun Maria Pauline Lumowa Tiba di Bandara Soetta

Yayasan LSM AT-TA AWUN, PKBM LPMD Masih Membuka Penerimaan Peserta Didik Baru

Laporan : Iwa K
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here