Tanaman Buah Dalam Pot Langkah Merintis Kampung Wisata Curug Pareang Sindangresmi

Laporan : Robbi Sugara (Jampang)

INFOKOWASI.COM  Sukabumi
Sudah dikenal masyarakat luas keberadaan objek wisata air terjun Curug Pareang di Desa Sindangresmi Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi.

Respon luar biasa dari Pemerintahan Desa Sindangresmi, di bawah arahan Kepala Desa Yan Mardiana, S.Ip.
Sebuah terobosan serta inovasi tengah disusun dan digalakan, Kampung Wisata Curug Pareang menjadi harapan baru untuk lebih mendongkrak indeks pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat.

Salah satu langkah awal rintisan untuk mencapai rangkaian Kampung wisata, Yan Mardiana sudah menyiapkan strategi, diantaranya penataan kawasan dengan teknik penghijauan melalui metode Tanaman Buah Dalam Pot (Tambulampot) serta penanaman tanaman hias di sepanjang jalan utama menuju objek wisata Curug Pareang.

Baca Juga :  Terkait Kemitraan; KOWASI Berikan Pemahaman Kepada Sejumlah Guru Dan K3S Kec.Sukabumi

Puluhan pot dari kaleng drum disiapkan, setelah proses mewarnai lalu dipotong menjadi dua bagian, selanjutnya dirapikan agar lebih terjaga keamanan.
Yan Mardiana membuat perencanaan sekitar 130 pot dipersiapkan sebagai wadah untuk beberapa jenis tanaman.
Nani Supiani selaku staf Pemerintahan Desa Sindangresmi menuturkan bahwa jenis tumbuhan pengisi pot merupakan beberapa jenis tumbuhan buah.

“sengaja pimpinan kami, Pa Yan memilih berbagai jenis tanaman buah sebagai pohon yang akan ditanam dalam pot”, ucap Nani.
“kedepan selain menjadi tanaman pelindung, tanaman hias, kalau sudah masanya nanti berbuah tentunya bisa dimanfaatkan oleh warga”, jelas Nani.
Nani pun berharap seiring dengan dimulainya rintisan Kampung Wisata Curug Pareang akan lebih dikenal khalayak luas, terutama diluar Jampangtengah.

Baca Juga :  Akhirnya Perppu Penundaan Pilkada 2020 diteken Jokowi

Semoga Kampung Wisata Curug Pareang secepatnya terealisasi dan menjadi satu ikon wisata serta destinasi di Kabupaten Sukabumi.

“hari ini kami bersama Pa Kades Yan Mardiana, staf dan warga menempatkan tambulampot tersebut bersama-sama, di sepanjang jalan dari depan Kantor Desa Sindangresmi ke arah Curug Pareang”, pungkas Nani. (18/11/2020)

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here