Wagub DKI Jakarta Tinjau Kesiapan Lahan TPU Rorotan Didampingi Oleh Wawali Jakut

Laporan : Saud/Aji

INFOKOWASI.COM, Jakarta

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria didampingi Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan camat Cilincing dan Jajarannya meninjau kesiapan pematangan lahan TPU Rorotan yang akan difungsikan sebagai pemakaman COVID-19. Untuk tahap awal, lahan yang akan digunakan sekitar 8.000 m2 dengan kapasitas 1.500 petak makam.

“Insya Allah, mulai minggu depan TPU Rorotan sudah bisa difungsikan. Sekarang ini, masih dalam proses penyiapan akses jalan menuju tempat pemakaman. Disini memiliki 25 hektar luas lahan untuk pemakaman dan sebanyak 8.000 meter persegi sudah siap dengan kapasitas 1500 petak makam,” jelas Wagub saat monitoring kesiapan lahan TPU Rorotan yang berlokasi di lingkungan RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Rabu (27/1).

Baca Juga :  Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Tebar Benih Lobster dan Tanam Terumbu Karang

Ia menegaskan, pada prinsipnya ketersediaan lahan tidak ada masalah. Sekalipun Jakarta adalah ibu kota, sulit menyiapkan lahan dalam jumlah besar tapi untuk pemakaman COVID-19 akan disiapkan dengan sebaik mungkin. “Di bulan depan secara bertahap kita akan mempersiapkan tidak kurang dari 17.100 petak. Nanti setiap bulan akan kami tambah 1.000 petak kurang lebih,” ujarnya.

Selain TPU Rorotan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan lahan TPU Bambu Apus yang memiliki luas total 5 hektar dan yang siap pakai sekitar 3.000 m2 dengan daya tampung 800 petak. Kemudian di TPU Srengseng Sawah juga dalam proses persiapan seluas total 3,4 hektar dengan daya tampung 1.900 petak. Selanjutnya, Tegal Alur juga ada 1,3 hektar tambahan dengan daya tampung 800 petak, Kramat Tiga juga akan disediakan 9.000 petak yang masih dalam proses persiapan seluas 5,2 hektar dan di Pondok Gede rencananya ada lahan seluas 2,1 hektar dengan kemampuan 3.900 petak makam.

Baca Juga :  Evaluasi Rapat Bulanan Kowasi, Paska Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik

“Namun demikian kita terus berupaya agar kedepannya tempat-tempat pemakaman ini tidak diisi lagi oleh korban-korban COVID-19. Tentu dengan harapan dukungan dari masyarakat mari kita terus laksanakan prorokol COVID dengan sebaik-baiknya seperti menerapkan 3M, hidup sehat, teratur, disinfektan selalu dilakukan di rumah. Jangan lupa hand sanitizer, berolahraga, berjemur kemudian makan yang bergizi, herbal, dan sebagainya,” ungkap Riza.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here