Yayasan ANNAJM : Buah Markisa Berkhasiat Atasi Puluhan Jenis Penyakit, Daya Tahan Tubuh

buah markisa
buah markisa

 

Sukabumi – Surade, infokowasi.com – Mengkonsumsi buah markisa jenis lokal, minuman segar yang dapat menyegarkan mulut dan dapat mempertahankan daya tahan tubuh juga menyembuhkan segala jenis penyakit, atas izin Allah SWT.

Buah markisa lokal, saat ini di produksi oleh ANNAJM, Kp.Tegal legok Rt 11/03, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

“Saat ini cara pengolahannya masih cara manual dengan hasil rata-rata 200 botol /bulan. Kualitas dan kuantitas yang sudah menjadi menjadi kebutuhan minuman segar menjaga daya tahan tubuh, bahkan dinyatakan secara kesehatan sangat layak dan Higenis, dan sudah mendapatkan ijin (DPMT) Dinas Penanaman Modal Terpadu Kabupaten Sukabumi.

Menurut Hendra pribadi Buah markisa ini selain memiliki khasiat jika mengkonsi markisa sangat diyakini dapat membantu mencegah beberapa penyakit, atas ijin Allah SWT. Produksi markisa saat ini sudah berjalan tiga tahun, dulu awalnya sempat buming karena pertama kali. Tanaman jenis buah markisa belakangan ini, banyak yang belum tahu manfaatnya.

Ternyata setelah banyak yang mempelajari dan survei membuktikan dari pengalaman hasil budidaya, markisa jadi memiliki pangsa pasar cukup tinggi, yang sangat digemari oleh warga masyarakat lokal, luar daerah, maupun luar negeri.

Saat ini warga Desa Buniwangi, Kecamatan Surade dan Warga Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, masih mengkonsumi buah markisa. Bahkan secara alami selain mempertahankan daya tahan kekebalan tubuh manusia. Mengkonsumsi buah markisa dapat menyembuhkan segala jenis penyakit, termasuk mencegah terkena virus Covid-19, atas seijin Allah subhanawataala.

Baca Juga :  Desa Bojonggenteng Kecamatan Bojonggenteng Realisasikan Kegiatan Fisik DD

Manfaat buah markisa:

“Jenis MARKISA yang di kembangkan saat ini, memiliki 3 warna yaitu: Warna kuning, Warna Ungu, Warna Merah, Namun ketiga warna buah markisa tersebut memiliki khasiat yang sama.”

1.”Jenis buah markisa warna kuning”

Dapat dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Buah markisa mengandung manfaat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.”

2. “Jenis buah markisa warna ungu”
Markisa ungu atau nama latinnya passiflora edulis berbentuk bulat telur atau bulat penuh dan mempunyai garis tengah sekitar 4 – 6 cm. Varian markisa ini adalah yang terbanyak dibudidayakan karena rasanya yang paling lezat dan wangi aroma buahnya. Biasanya markisa ini bisa ditemukan di kawasan dataran tinggi dengan iklim basah.

3.Markisa kuning

Markisa kuning atau nama latinnya passiflora flavicarpa biasanya berbentuk lebih besar dari varian markisa ungu dan memiliki kulit buah berwarna kuning cerah apabila sudah matang atau tua. Varian markisa ini merupakan mutasi varian markis warna ungu. Biasanya markisa ini bisa ditemukan di kawasan dataran rendah atau kawasan dengan iklim hangat. Markisa kuning mempunyai buah dengan rasa lebih kecut dibandingkan dengan markisa ungu.

“Berdasarkan penjelasan tersebut, perbedaan sangat mencolok antara markisa kuning dan ungu selain warna dan ukuran, meski tidak berbeda jauh, adalah soal rasa”

Baca Juga :  Camat Jampangkulon Bahas Perubahan APBDes 2020 Sesuai Surat Edaran Bupati Sukabumi

Manfaat mengkonsumsi buah markisa
termasuk jenis buah yang mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan bagi tubuh dan baik untuk kesehatan. Berikut manfaat luar biasa buah markisa:

1. Mengandung banyak antioksidan

Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

3. Mengurangi serangan asma

Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Pasalnya, markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Penelitian terbaru telah menunjukan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.

4. Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam buah markisa memiliki antioksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

Baca Juga :  Ketum LCT-Indonesia Serukan Sosialisasi "New Normal" Kepada Seluruh Anggotanya

5. Menurunkan berat badan

Jus markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori (97 kalori per 100 g), natrium, dan lemak. Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.

6. Membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran Anda. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

Menurut Hendra, sapaan akrab Pahe. “Awalnya tanaman budi daya buah markisa ini, hanya membangun komunitas Dakwah melalui Program “Kampung Markisa” yang memiliki pengertian (Maripat, Kiparat, Syareat) MARKISA”. Soal pemasaran saat ini, masih di wilayah sukabumi dan sekitarnya.

Sementara produksi rata-rata 200 botol /bulan dengan sistem manual,
Kualitas dan kemasan markisa saat ini sudah dianyatakan layak Higenis dari Dinas penanaman modal terpadu kabupaten Sukabumi, No 2.09.3202.01.1721-24.

Sejak tahun 2017 sampai sekarang, berjalan selama kurang lebih 3 tahun, budidaya buah markisa sempat bumming, dan sempat di jadikan nama kampung Markisa di Desa Ciracap dan Desa Cikangkung. Ungkapnya.

Laporan : Pajampangan (M. Kuncir)
Editor : Yossy

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here