Badan Pusat Statistik | BPS Siapkan Rekrutmen Petugas Sensus Penduduk Tahun 2020 secara Besar-Besaran

Badan Pusat Statistik | BPS Siapkan Rekrutmen Petugas Sensus Penduduk Tahun 2020 secara Besar-Besaran

Infokowasi.com – Sensus penduduk Tahun 2020 secara online telah berakhir pada tanggal 29 mei 2020 kemarin. Kini pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) telah mempersiapkan tahapan sensus lanjutan yakni sensus penduduk dengan metode wawancara langsung kepada warga masyarakat yang masih belum dapat berpartisipasi dalam proses sensus penduduk (SP 2020) secara online mandiri.

Program sensus lanjutan ini dilakukan karena sampai tahap akhir kemarin catatan data penduduk yang berpartisipasi dalam pengisian sensus penduduk secara online tidak mencapai seperempat dari keseluruhan data kependudukan warga negara Indonesia yakni hanya mencapai angka 19,06 % dengan kisaran jumlah penduduknya 51,36 juta orang dari 270 juta jiwa penduduk masyarakat Indonesia sebagian dari beberapa yang telah melakukan sensus secara online. Dari catatan tersebut sangat nampak terlihat tingkat kepedulian masyarakat terhadap pelaksanaan sensus penduduk secara online meskipun ini merupakan kali pertam pelaksanaan sensus secara online.

Baca Juga :  Pemkab Sukabumi Terima 100 APD dari Jaringan DOA se-Kota Sukabumi

Pada kesempatan ini kami menginformasikan kepada seluruh warganet juga masyarakat Indonesia pada umumnya bahwa pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) telah mempersiapkan program rekrutmen petugas sensus penduduk (SP 2020) dengan wawancara secara langsung dengan warga masyarakat Indonesia dirumah mereka masing-masing.

Setidaknya ada 247.000 petugas yang dipersiapkan untuk pelaksanaan sensus penduduk manual dengan wawancara langsung kepada masyarakat. Angka tersebut masih sangat jauh diperkecil dari semula 400.000 menjadi 247.000. Semua ini dilakukan karena adanya efisiensi anggaran sebesar 43 % pada tahun 2020
Mekanisme pelaksanaannya yakni pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) siap melakukan rekrutmen petugas pelaksana dilapangan yang bertugas untuk melakukan wawancara secara langsung . Selain itu, petugas yang dinyatakan lulus sebagai petugas sensus juga bertugas mengecek kembali data kependudukan baik yang telah melakukan sensus secara online mandiri maupun yang belum mengikuti program tersebut

Baca Juga :  Bangkitnya Media Online yang Begitu Tumbuh Subur

Semula diwacanakan sensus akan dilakukan dengan metode wawancara langsung namun mengingat situasi tanggap darurat Covid-19 ini, sehingga wacana tersebut diganti dengan memberikan lembar kuisioner melalui bantuan ketua RT setempat yang nantinya akan di isi oleh masyarakat dan dikumpul kembali untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dalam pelaksanaannya dilapangan pihak BPS dalam melakukan program sensus penduduk tetap mengutamakan protokol kesehatan selama situasi tanggap darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Adapun mengenai kapan pelaksanaan itu dimulai? dan bagaimana persyaratan yang harus dipenuhi bagi yang siap mengikuti seleksi sebagai petugas sensus penduduk? Kini kita hanya menunggu dan mempersiapkan diri agar sebelum pelaksanaan sensus tersebut kita sudah siap dari segi kemampuan untuk bersaing menjadi yang terbaik, sebelum pelaksanaan pendataan tersebut siap dilakukan di bulan september mendatang. Untuk itu berarti sebelum bulan eptember 2020 ini petugas tersebut sudah ada dan siap di tugaskan pada bulan September 2020 yang akan datang.

Baca Juga :  25.000 Liter Disinfektan Disemprotkan, Bupati Sukabumi Pimpin langsung

Demikian informasi terkait persiapan pemerintah bersama Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan proses rekrutmen petugas sensus kependudukan yang akan dimulai pada bulan September 2020 mendatang. Semoga bermanfaat !

Sumber : BPS

Laporan : Dadan Haekal
Editor : WD

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here