Di Masa Pandemi Covid-19, Peternak Sapi Potong Cisaat Memohon Pendampingan Dinas

Cisaat, infokowasi.com – Kecamatan Cisaat merupakan kecamatan yang penting bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Kecamatan ini memiliki industri di Kabupaten Sukabumi. di sini banyak sekali industri rumahan , industri barang dan jasa, industri perbankan, juga terdapat GOR, Stadion KORPRI, Sekretariat KONI Kabupaten, Pasar Ikan Air Tawar, Kantor Bazis Kabupaten, dll. Salah satunya yang terkenal jika berkunjung ke Cisaat adalah Industri Pembuatan Pisau di Desa Cibatu.

Pagi ini Jum’at (8/5), infokowasi.com sebelum meliput aktivitas Pemerintah di hari ke-3 PSBB di Kecamatan Cisaat, berkesempatan berkunjung ke Desa Cisaat, tepatnya ke Kampung Ciraden RT 08/RW 3 untuk melihat sisi lain kegiatan ekonomi masyarakat yang berada di Kecamatan Cisaat, yaitu Usaha Peternakan Sapi Potong yang dilakukan oleh kelompok warga di Desa Cisaat, secara mandiri melalui Kelompok Peternak Sapi PUTRA BINA TIRTA.

Dian Herdiansyah, Ketua Kelompok Peternak Sapi Putra Bina Tirta

Dian Herdiansyah, Ketua Kelompok Peternak Sapi Putra Bina Tirta, mengajak kami untuk melihat langsung ke lokasi.

“Inilah kegiatan yang kami kerjakan untuk menunjang perekonomian kami dan demi pencapaian kesejahteraan di Kabupaten Sukabumi. Kami mengajak ke sini, ke lokasi, agar dapat dilihat langsung, bahwa kami bukan oknum yang mengatasnamakan Kelompok Peternakan Sapi, atau Kelompok Fiktif yang biasanya muncul jika ada Program Bantuan Penggemukan Sapi dari Provinsi. Kami berada di dunia usaha peternakan ini semua permodalan berasal dari kemandirian, jadi harap dimaklum bila sangat biasa saja dalam menerima tamu,” ujar Dian, sambil mendekati Sapi yang masih berada dalam kandang kecil namun asri.

Baca Juga :  Eksplorasi Panas Bumi Cisolok-Cisukarame, Dukung Lapangan Kerja, Infrastruktur dan Ekonomi Masyarakat

Bulan-bulan terakhir ini nampak sekali bahwa para Anggota Kelompok Peternak Sapi Putra Bina Tirta terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, dari mulai edukasi Pengenalan Apa Itu Coronavirus Disease 2019; hal-hal yang harus dilakukan agar terhindar dari Virus Corona, baik sebagai penderita maupun pembawa; Sosialisasi penanganan dan pelaporan; dan kegiatan penyemprotan desinfektan, serta pembagian Masker.

Kegiatan itu menurut Dian, bertujuan membangun kebersamaan demi kemanusian dengan terus aktif melawan Covid-19.

Jumlah Sapi dan Kandang mereka saat ini sedikit tapi tidak menyurutkan semangat mereka mengabdi kepada kemanusiaan.

Selanjutnya Dian menjelaskan juga tentang Modal terbatas dalam menjalankan usaha Kelompok Peternakan Sapinya.

Dari penjelasan Dian, bahwa sampai saat ini Kelompoknya belum mendapatkan bantuan dari pihak Pemerintah baik dari Pusat, Provinsi atau Kabupaten.

Baca Juga :  27 Juli 2020 di Jawa Barat Ada Kejadian Apa?

“Kami juga belum pernah diajarkan dan dilatih baik mengenai Pemasaran maupun tentang cara membangun Sistem Peternakan Sapi dengan modal kecil menjadi Peternakan Sapi yang unggul, berdaya tarik bagi investor. Perlu dikerahui bajwa Kelompok Kami pasti melaksanakan Standar Peternak Sapi yang berlaku, baik pakan, sanitasi, sterilisasi kandang, pemeriksaan kesehatan sebelum dan sesaat akan dijual. Adapun saat seperti ini, Sapi yang akan kita jual harian hanya 4 ekor saja, dan bisa semingguan mendapatkan Pembeli langsung di masa Covid-19 ini. Bisa dikatakan sangat menyedihkan, baik pedagang daging segar atau sapi,” jelasnya.

Penjualan Sapi hasil dari ternak Kelompok Peternak Sapi Putra Bina Tirta di Kampung Ciraden Cisaat ini lebih mengkhususkan penjualan Sapi untuk kebutuhan Idul Qurban.

Pada saat itu biasanya Penjualan membaik. Ada Pelanggan yang sudah membeli seekor Sapi pada setiap Idul Qurban sejak 10 tahun yang lalu, yaitu Anggota DPR/MPR RI dr. Ribka Tjiptaning dari Fraksi PDI Perjuangan. Harapannya sih semua anggota DPR/MPR RI, Dewan Provinsi dan Kabupaten yang dari dapilnya dapat rutin membeli Sapi darinya, agar Usaha Petenakan Sapi Lokal ini maju sehingga bisa memenuhi scara baik keperluan masyarakat Indonesia terhadap daging sapi.

Baca Juga :  Pemeliharaan Gedung Aula Kreatif Seni Kec.Bojonggenteng Diwujudkan
Foto ilustrasi peternakan sapi

“Kelompok kami ini inshaAllah punya tanggung jawab yang besar di sektor peternakan ini, banyak sukanya dibandingkan dukanya, suka bukan dari segi keuangan, tapi bisa menjalankan profesi sederhana secara berkesinambungan dan selalu kompak. Disaat ini kami membutuhkan Dinas terkait untuk melakukan pendampingan kepada kami, agar minimal usaha peternakan dengan asset usaha kecil kami ini tidak malah kolaps dan tutup, jika ini terjadi pasti sangat menyedihkan bagi kami dan pekerja kami lainnya. Kekhawatiran akan selalu ada, begitupun di Kelompok Peternak kami. Semoga pada hari jum’at ini, keinginan kami didengar pihak dinas-dinas terkait, bukan untuk kami saja, tapi bagi seluruh Peternak Sapi yang secara administratif belum terdaftar di Pemerintah”, harap Dian, dan diaminkan anggota Kelompok PBT yang hadir bersama infokowasi.com.

Laporan : Siswadi HS
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here