Diskominfosan Kabupaten Sukabumi Datangi Diskominfo Jabar, Ada Apa?

Usai pembentukan Struktur Organisasi Tata Kerja Baru, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi tidak mau menunggu lama untuk melakukan terobosan, sinergitas dan kolaborasi yang relevan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Dipimpin Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Herdy Somantri mendatangi kantor Dinas Komunikasi Informatika Propinsi Jawa Barat untuk menyelaraskan program dan kegiatan yang akan direalisasikan pada tahun anggaran 2022.

“Sekarang pengelolaan Statistik Kabupaten Sukabumi meningkat statusnya menjadi Bidang sehingga kewenangannya lebih besar dibanding sebelumnya yang hanya sub bidang,” ucap Herdy Somantri yang akrab di sapa Bima, usai melakukan pertemuan, Selasa (11/1/2022).

Bukan hanya itu, Bima juga menyampaikan harapan dan keluhan masyarakat terkait blank spot saat dirinya bersama tim diterima langsung oleh Sekretaris Dinas lengkap dengan beberapa kabid pada Diskominfo Provinsi Jabar.

Baca Juga :  Rumah Lansia Terbakar, Akibat Masak Pake Tungku

“Alhamdulilah kita diberikan peluang untuk menyampaikan beberapa harapan terkait kebutuhan masyarakat tentang pelayanan publik digital, strategi mengatasi area blank spot termasuk pemenuhan data statistik,” tambahnya.

Menurut Bima, data itu akan menjadi sumber rujukan terlebih Diskominfo ditunjuk sebagai wali data. Data dapat berfungsi sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan.

“Data itu lah menjadi sumber untuk bisa dijadikan sebagai pedoman atau dasar suatu perencanaan juga acuan dalam implementasi suatu kegiatan,” terangnya.

Sementara itu dalam penyambutannya Sekretaris dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat Gilang Sailendra, S.STP. M.Si memberikan paparan bahwa Data merupakan aset yang harus dikelola secara baik.

Baca Juga :  Wow... Dampak Corona, Hampir Semua Apotik Di Kota Sukabumi Langka Masker

“Pak Gubernur Jawa Barat selalu mendapatkan apresiasi saat menyampaikan atau expose dimana pun karena beliau selalu menyampaikan by data, kami akan sampaikan apa saja kewajiban dan peran perangkat daerah dalam suplai data,” ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jabar
Ida Ningrum, S.Si.M.Pd melakukan expose terkait strategi kompilasi data, analisis dan pengolahan serta layanan data.

“Intinya Diskominfo harus membuat komitmen bersama Perangkat Daerah dengan dorongan kuat Kepala Daerah sehingga setiap Perangkat Daerah bisa menyampaikan data kepada Wali Data,” jelasnya.

Ida Ningrum meminta Diskominfo Kab Sukabumi segera menyiapkan dan mendorong terbitnya Surat Keputusan Kepala Daerah yang khusus merujuk terhadap pengelolaan data.

Baca Juga :  Penumpukan Jenazah Pasien Corona Di RS Hasan Sadikin Bandung Dibantah

“Kalau Surat keputusanya sudah diterbitkan, nanti kita bisa mulai rancang data statistik, Kumpulkan seluruh Perangkat, undang BPS, karena BPS wajib harmonis dengan Kominfo di daerah”

Ida menyayangkan sampai saat ini masih ada beberapa Perangkat Daerah di wilayah yang masih belum memadai pemahamanya tentang data.

“Tatakelola data di beberapa daerah memang masih kurang, mudah mudahan kedepan, Sukabumi bisa menghasilkan data yang luar bisa, hingga dapat mendukung satu data Jawa Barat dan satu data Indonesia,” tutupnya.

DKIP/RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here