Enam Inovasi Puskesmas Kecamatan Cilincing Menuju Zona Hijau

Laporan : Saud Marpaung/Aji

INFOKOWASI.COM, Jakarta

Puskesmas Kecamatan Cilincing melakukan enam inovasi untuk melawan penyebaran COVID-19. Setelah hampir satu tahun berjuang bersama Satuan Tugas (Satgas) dan seluruh elemen masyarakat, saat ini Kecamatan Cilincing memasuki zona hijau.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing dr Edison Syahputra mengatakan masyarakat harus terus waspada dengan kabar baik masuknya Kecamatan Cilincing ke dalam zona hijau COVID-19.
“Kami selaku petugas kesehatan sangat berterimakasih kepada seluruh pihak, atas kerjasamanya saat ini Kecamatan Cilincing tidak adanya penambahan kasus baru penyebaran COVID-19,” katanya, Senin (25/1).

Baca Juga :  Karang Taruna Desa Cijulang Jampangtengah Resmi Di Lantik

Edison menambahkan jika pihaknya dibantu dengan Satgas COVID-19 Kecamatan Cilincing telah melakukan langkah preventif – deteksi – respon dalam upaya penanggulangan COVID-19 dengan melakukan enam langkah inovasi.
“Yang pertama membuat video edukatif terkait desinfeksi, peningkatan imunitas yang disebarluaskan ke masyarakat melalui channel youtube PKC Cilincing. Kedua, melakukan upaya preventif promosi Kesehatan melalui WhatsApp blast setiap hari, terkait kiat seputar kesehatan yang disebarkan kepada masyarakat ( info ini disampaikan ke Camat dan jajaran, Lurah dan jajaran, RT/RW). Dan Pak Lurah dan jajaran memantau agar info preventif/promotif diteruskan RT ke warganya. Ketiga, membuat cairan desinfektan dan hand sanitizer yang juga dibagikan kepada lintas sektor termasuk rumah ibadah dalam rangka mencegah upaya penyebaran. Keempat, terus melakukan koordinasi dengan tiga pilar dalam upaya tracing (pencarian) kasus positif serta tata laksana kasus, baik pemantauan ataupun rujukan. Kelima, melakukan zoom meeting (pertemuan daring) bersama masyarakat secara rutin untuk mengingatkan protokol kesehatan dan diskusi seputar kesehatan di masa pandemi COVID-19 dan yang keenam terus melakukan desinfeksi di wilayah kasus positif dengan berkoordinasi dengan damkar dan PMI,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gelar Apel Gabungan Menjelang Pelaksanaan PSBB Tahap III Kec. Parungkuda

Edison berharap ke depannya masyarakat dapat terus menjalankan, melaksanakan protokol kesehatan yang sudah diberikan pemerintah.
“Menghadapi COVID-19 ini adalah tugas bersama. Sebagai tenaga kesehatan kami akan terus melakukan inovasi dalam mengurangi penyebaran COVID-19 di Jakarta khususnya di Jakarta Utara wilayah Kecamatan Cilincing. Untuk masyarakat selain terus melaksanakan protokol kesehatan diharapkan juga dapat terus menjaga imun tubuhnya dan melakukan disinfektasi lingkungan untuk menjaga dari virus Corona,” tuturnya.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here