Geowisata Batu Bubut Waluran Siap Jadikan Wisata Edukasi

Laporan : My.Kuncir (Jampang)

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Satu-satunya tempat Geowisata Batu Bubut yang rencananya akan dijadikan wisata edukasi berlokasi di kampung Cikaret Rt 03/05 Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi,  Siap di kelola oleh pemuda Karang Taruna dan warga setempat untuk menjadi wisata edukasi.

Ketua BPD Desa Mekarmukti H.Ade Kamaludi (53) Dengan sejumlah pemilik lahan warga setempat sudah menyatakan kesiapannya, kami akan mengelola Seluas 30 ribu meter dilahan milik 14 orang warga sebagai tempat wisata edukasi dan penelitian dan rekreasi serta sebagai tambahan kelengkapannya 7 bangunan home stay yang dilengkapi lapangan olah raga dan mainan anak-anak,mushola MCK lapangan olah raga bola volly guna meningkatkan potensi perkonomin masyarakat desa setempat, ujar H.Ade.

Baca Juga :  H.Marwan "Kecamatan Gegerbitung Potensial Jadi Wilayah Pariwisata"

Sementara lahan milik masyarakat sejumlah 14 orang di antaranya. Encup, Yuloh, Entin, Ai, Efen, Suryana, adapun pembahgian penghasilan 30 persen pemilik tanah 5 persen untuk asuransi, 5 persen untuk jompo dan lingkungan, 60 persen untuk desa, dan pengelola.

Sementara fasilitas MCK, mushola, Rencana akan wahana permainan anak-anak, taman bunga wisata untuk selfy,kolam ikan hias, exsibit/pameran, kantin dan pasilitas lain.

Selain itu di sediakan lapang olahraga bola volly salah satu perangsang dan menambah pemasukan.

“Akan kami berdayakan agar tertata rapih dengan tujuan dapat meningkatkan potensi perkonomin masyarakat desa, memelihara dan menjaga aset desa serta menggali potensi melalui wisata dan pertanian warga desa sesuai misi Pemkab Sukabumi meningkatkan potensi Pertanian, wisata dan pelesatrian alam dan lingkungan yang lebih maju dan mandiri,” ujar H. Ade Kamaludin kepada Wartawan Senin (14/9/2020).

Baca Juga :  Bantuan Paket Sembako dari Perkumpulan Yayasan WNI Keturunan Tionghoa untuk Masyarakat Sukabumi

“Kesiapan ini tidak akan berjalan dengan mulus jika tidak di dukung oleh kesadaran masyarakat dalam menjaga, memelihara, dan melestarikan Wisata edukasi batu bubut melaui kerjasama dengan semua pihak. Jika wisata edukasi – Batu Bubut ini sudah tertata dengan baik, kemudian dijaga, dipelihara dan dikelola dengan baik, maka manfaat jangka panjangnya, akan menambah Pendapatan Asli Desa (PADES)”

Selain menjadi tempat geowisata edukasi pihaknya juga berencana akan menjadikan Komplek Batu Bubut ini menjadi tempat wisata bumi perkemahan dan reffresh untuk memanjakan para pengunjung. “tempat ini siap dijadikan tempat penelitian para budayawan dan sejarawan yang dikelola dengan pihak Unisco” , tegas Ketua BPD H.Ade Kamaludin

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Cidahu Dapat Bantuan Paket Sembako

Kepala desa Mekarmukti H.Deden Kami Sangat mengaperiasi semangat warga dan pemuda setempat dalam pengembangan dan pengelolaan parawisata untuk dijadikan geowisata edukasi, pasca di bintek oleh pihak kementrian parawisata dan kebudayaan di hotel Sukabumi indah bulan lalu, pungkasnya.

Dengan adanya rencana tersebut Warga dan pihak pengelola dari Karang Taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur pemerintah setempat sangat mengapresiasi pengelolaan yang dinamakan lokasi atu Bubut lahan ini menjadi tempat geowisata edukasi.

DADAN

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here