Kades Wanasari inisiasi Bimtek IPS Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyaraka

Infokowasi.com Surade Sukabumi.Bimtek (IPS)Interpersonal skill untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan loyalitas juga pelayanan publik yang di inisiasi oleh kades Wanasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Di aula balai Desa Wanasari Pada Pada hari senin 1 Maret 2021.

Dalam kesempatan ini di hadiri sebagai narasumber dari Polres Sukabumi Asep saepulloh, Dari Dinas Pendidikan Aden.S.Pdi, Ketua BPD, Hamdin PLD, Kasipem Kecamatan Surade, para kaur Desa dan lembaga desa Wanasari beserta Staf.

Kades Wanasari Sudarmi. Tujuan bintek ini adalah membentuk jiwa kepemimpinan yang arif dan bijaksana, Meningkatkan kapasitas, kualitas dan kuantitas serta loyalitas sebagai pelayan publik. Membangun sinergitas antara Pemdes, BPD dan LPMD. Dengan membangun kepribadian yang baik, maka akan terbentuk jiwa kepemimpinan yang baik.

Harapannya kedepannya dengan bimtek IPS ini, pertama kita harus mampu mendengar keluh kesah masyarakat dan mampu mencari solusinya, ke dua mampu membangun pemerintahan yang humanis dalam segi pelayanan.

Baca Juga :  Bupati Sukabumi Mengeluarkan Surat Edaran Wajib Menggunakan Masker

Ketiga mampu membawa Desa Wanasari kejenjang yang lebih maju dalam segala hal. Ke empat Mampu mempertahankan kridebilitas Wanasari di hadapan dunia luar/desa tetangga bahkan harus bisa meningkat dri setatus yang di dapat sekarang ini dan ke Enam. Mampu menerapkan (3.S) Senyum, Safa, dan Santun dalam pelayanan yang baik di dalam maupun di luar ruangan pelayanan pemerintahan desa Wanasari. Pungkas Sudarmi kepada Wartawan.

Hamdin menambahkan. Devinisi Interpersonal Skill : IPS adalahkemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja.

Paling tidak 5 Interpersonal Skill yang Wajib dimiliki :
1. Kemampuan Mendengarkan, artinya menjadi pendengar yang baik;
2. Kemampuan menerima informasi yang disampaikan orang lain;
3. Kemapuan membangun dan memelihara hubungan baik dengan orang lain;
4. Keterampilan dalam memberikan Feedback;
5. Keterampilan membujuk

Baca Juga :  Desa Sirnaresmi Realisasikan Banprov

Kemampuan individu itu semuanya sudah punya potensinya namun sejauhmana kita mampu menggali potensi itu, konsepnya adalah kita harus menjadi pemimpin dalam diri kita sendiri “Kullukum Ro’in wa kullukum masulin ‘anroiyyatih”. Setiap manusia adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dipinta pertanggungjawaban atas apa yang kita pimpin. Begitu pula terhadap dirisendiri.

Kepala Desa adalah Pimpinan didesa yang dibantu oleh para staff dan jajaran dalam melaksanakan tugas pemerintahannya. Maka antara hard skill dan sotf skill harus dimiliki oleh masing² individu.
Hard skill seperti penampilan yang baik tata ruangan yang nyaman dan sotf skillnya adalah prilaku yang baik desa wanasari yang menerapkan salam senym sapa ini harus menjadi landasan perangkat dalam melaksanakan pelayanan di desa. Hakikatnya pemimpin adalah pelayan bagi masyarakat “Al Imamu khodimul Ummah”.

Baca Juga :  Warga Bojongduren Antusias Peringati Kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW

Poin pentingnya adalah kita harus pandai mengolah dan memperbaiki diri kita untuk memberikan playanan yang baik pada masyarakat.
Almuhafadzotu alalqodimi solih wal akhdzu bijadidil aslah ” Melestarikan kebudayaan lama yang baik dan menciptakan kebudayaan baru yang lebih baik”
Ketika individunya baik dan mempunyai kemampuan yang baik maka kita harus menciptakan sesuatu yang lebih baik untuk generasi setelah kita kelah yang melanjutkan perjuangan dalam menjalani roda organisasi di desa demi tercipanya masyarakat yang nyaman, aman dan sejahtera. Tuturnya

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here