Pemdes Batununggal Lakukan Persiapan Lomba Desa Model

Laporan: Hady Cader

Infokowasi.com, Sukabumi

Pemerintah Desa (Pemdes) Batununggal Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, lakukan langkah persiapan dalam menghadapi penilaian dari tim monitoring Kabupaten Sukabumi sebagai Desa Model perwakilan Kecamatan Cibadak yang jatuh pada 15 April 2021 mendatang.

Kepala Desa Dudung Iskandar mengatakan, dalam menghadapi penilaian sebagai Desa Model pemdes terus berkoordinasi dengan berbagai lembaga terkait yang ada di desa terebut seperti tim penggerak PKK, Kader Posyandu dan lainnya. “Tim penilai kabupaten rencananya akan melakukan evaluasi hasil kinerja dari tim pengerak PKK Desa Batunuggal dan kader Posyandu,”kata Dudung

Baca Juga :  Spontanitas Membantu Membawa Jenazah. Ketua Komisi I DPRD Kab.Sukabumi disaat Monitoring ke Puskesmas Purabaya

Menurutnya, ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan tim pengerak PKK kabupaten salah satunya adalah terkait administrasi, keberhasilan KB, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat dan lain sebagainya. “Menggerakan swadaya atau partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menata lingkungan, melakukan pembangunan gapura selamat datang di kampung KB” ujarnya.
Semua akan banyak manfaat lanjutnya,dan nantinya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dari hasil perlombaan ini.”Misalnya, kerapihan dilingkungan akan berbeda dengan dilingkungan masyarakat yang belum mendapat pemibinaan, masyarakat akan lebih sadar terkait PHBS dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Baca Juga :  Pembagian Masker untuk Pedagang di Pasar Kota Sukabumi

Ia mengaku, optimis akan menjadi pemenang dari perlombaan ini. Pasalnya, langkah persiapan dinilia telah matang dan siap untuk mendapat penilaian langsung. “Ya, harus optimis mudah-mudahan desa kami ini bisa menjadi pemenang di tingkat kabupaten, “pungkasnya.
Sementara menurut ketua TP PKK Desa Batunuggal,Jajah Fauziah mengatakan bahwa Tim.yanh dipimpinnya sudah melakukan langkah langkah yang harus dipersiapan penilaian lomba desa model nanti.

“Kita membentuk kelompok-kelompok kerja PKK (Pokja),membenahi sisitim adminstrasi,menyediakan tanaman obat keluarga(Tiga)disetiap halaman pos Yandi dan membuat 2 rumah sehat serta menjalankan 10 program PKK yang harus direalisasikan di masyarakat”jelasnya.
Seperti diketahui Desa Batununggal mendapat juara ke 3 (Tiga) pada perlombaan Maskara ditingkat Provinsi Jawa Barat dan dikampung Genteng RW.5, pemerintah desa batununggal menyediakan taman bermain dan sarana olah raga yang diperuntukkan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Hari Kebebasan Pers Sedunia, 3 Mei 2020

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here