Pemdes Lengkong Bersama LMDH Lembah Lestari Serta Masyarakat Menata Curug Agarenceng Lengkong

Laporan : Robbi Sugara

INFOKOWASI.COM, Sukabumi
Sudah hampir tiga minggu terlihat puluhan warga beraktivitas disekitar Curug Agarenceng Kampung Cibusang RT 14 RW 07 Desa Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi, Ajat (LMDH) warga setempat menjadi motor penggerak.

Sebagian orang sudah mengenal Curug Agarenceng, tiga air terjun berada dalam satu aliran Sungai lengkong dengan jarak berkisar puluhan meter saja satu sama lainya. Air terjun berada di kawasan hutan milik Perhutani di blok RPH Hanjuangtengah di bawah naungan LMDH Lembah Lestari. Berjarak 200 meter dari Jalan Kabupaten ruas Lengkong – Jampangkulon.

Baca Juga :  Ini Pesan Ketua Umum Persit KCK dalam Menggunakan Media Sosial

Adapun aktivitas utama warga berupa kerjabakti membersihkan area sekitar lokasi air terjun yang memang nampak dipenuhi dengan semak belukar. Aktivitas lain yaitu membuka akses jalan yang awalnya memang sedikit terjal, licin serta terhalang rambatan ranting pepohonan, tidak kalah penting yaitu menata lokasi air terjun agar lebih menarik serta nyaman.

Kegiatan swadaya penataan di pimpin langsung oleh Kepala Desa Lengkong, H. Sulaeman, M.Pd., hadir pula para Kepala Dusun, Staf Desa, Pengurus Karangtaruna, tidak ketinggalan Pengurus BPD Lengkong serta unsur Perhutani.

Baca Juga :  HIMBAUAN BUPATI SUKABUMI TENTANG COVID-19

Asep Mulyana Sugandi, Selaku Ketua BPD Lengkong menjelaskan bahwa Pemdes beserta Perhutani dan masyarakat berencana menata Curug Agarenceng menjadi salah satu destinasi wisata, dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam.

Lebih lanjut Asep menuturkan bahwa target sampai bulan Desember penataan akan dilakukan secara manual swakelola, kedepan akan menggunakan alat berat dari Dinas Pariwisata, untuk pendanaan diupayakan penggunaan P3K.
“selama ini minat pengunjung lokal sudah banyak walau pun keadaan air terjun belum ditata maksimal”, ucap Asep.

“kini kami mencoba menata lokasi dengan target bisa menarik pengunjung dari luar,selain menjadi salah satu Inovasi Desa, paling tidak ada kontribusi bagi masyarakat setempat dan juga bagi Pendapatan Asli Desa”, tambah Asep.
“kami berharap ini akan menjadikan Lengkong (khususnya Desa Lengkong) menjadi tujuan wisata, bukan hanya sekedar menjadi lintasan menuju destinasi wisata di wilayah selatan”, pungkas Asep.

Baca Juga :  Peluang Usaha Menjanjikan, Kolaborasi KIM Dengan GM Therapis

Aliran Sungai Agarenceng tersebut selain menjadi obyek wisata, selama ini sudah dimanfaatkan untuk irigasi mengairi lahan pertanian warga sekitar, bahkan airnya yang masih bersih digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

YUD

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here