Pengda Kab. Karawang INI Gelar Seminar Hukum Bertajuk “Keabsahan Suatu Akta Notaris Dalam Teori dan Praktek”

Karawang, infokowasi.com – Pengurus Daerah (Pengda) Kabupaten Karawang Ikatan Notaris Indonesia (INI) pada Selasa 12 Oktober 2021 mengadakan Seminar Hukum yang bertajuk “Keabsahan Suatu Akta Notaris Dalam Teori dan Praktek” yang digelar di Hotel Resinda, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Ada sekitar 192 peserta yang hadir dalam acara tersebut, selain itu turut hadir pula sebagai tamu undangan Sekretaris Umum (Sekum) INI Tri Firdaus Akbarsyah bersama jajaran Pengurus Pusat (PP) INI, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Karawang, Ana Wismayanti selaku perwakilan Pengwil Jawa Barat INI, Fadli Ichsanul Husen Anggota Majelis Pengawas Daerah INI Kab. Karawang, dan Dede Tresnawati selaku Anggota Dewan Kehormatan Daerah INI Kab. Karawang.

Suasana Seminar Hukum Pengda Kab. Karawang INI
Suasana Seminar Hukum Pengda Kab. Karawang INI

Dengan tetap memberlakukan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat terhadap semua peserta yang hadir yaitu harus melakukan chek-in melalui aplikasi Peduli Lindungi, sudah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap dua, swab antigen di lokasi acara, menggunakan masker, mencuci tangan serta tetap menjaga jarak, acara pun resmi dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Sekum INI Tri Firdaus Akbarsyah didampingi Ketua Pengda Kabupaten Karawang INI Juniety Dame Purba serta beberapa perwakilan tamu undangan.

Sekum PP INI didampingi Ketua Pengda Kab. Karawang INI dan tamu undangan saat membuka acara
Sekum PP INI didampingi Ketua Pengda Kab. Karawang INI dan tamu undangan saat membuka acara

Dalam pidato sambutannya, Sekum mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik atas terselenggaranya acara seminar hukum yang diprakarsai oleh Pengda Kab. Karawang INI tersebut. Ia juga meyakini bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pengurus Pengda Kab. Karawang INI dalam menjalankan kewajiban dan tanggungjawabnya terhadap anggota dalam meningkatkan keilmuan dan wawasan pengetahuan, khususnya pengetahuan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan jabatan sebagai Notaris. Selain itu Sekum juga berpesan agar penyelenggaraan acara ini kiranya selalu menerapkan prokes yang ketat.

Baca Juga :  Kisah Heroik Bripda Tika Sinaga, Personil Ditsamapta Polda Sumut Galang Dana untuk Penderita Kanker Mata
Sekum INI Tri Firdaus Akbarsyah saat menyampaikan pidato sambutan
Sekum INI Tri Firdaus Akbarsyah saat menyampaikan pidato sambutan

“Sebagai penutup, sekedar menegaskan dan mengingatkan, bahwa akta yang dibuat oleh notaris harus punya nilai tambah lebih bagi masyarakat dibandingkan dengan akta yang dibuat secara di bawah tangan oleh masyarakat sendiri tanpa melibatkan notaris. Sehingga masyarakat yang membuat akta di notaris merasakan manfaat langsung kehadiran notaris di tengah masyarakat, yang pada akhirnya dapat lebih meningkatan kepercayaan masyarakat dan negara kepada jabatan notaris. Notaris juga harus punya sikap dan etika yang baik, serta harus dapat menjadi penengah bagi para pihak dalam akta, sehingga akta notaris dapat berguna dan bermanfaat dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi para pihak dan pihak lain yang terkait dengan akta yang bersangkutan,” tegasnya.

Foto bersama narasumber sesi pertama Seminar Hukum Pengda Kab. Karawang INI
Foto bersama narasumber sesi pertama Seminar Hukum Pengda Kab. Karawang INI

Sementara itu, Ketua Ketua Panitia Pelaksanan acara Ruth Lina Rogabe dalam pidato sambutan sekaligus laporan kegiatan acara mengatakan, bahwa seminar hukum ini merupakan program kerja dari Pengda Karawang INI sebagai bentuk komitmen dari Ketua Pengda untuk selalu memberikan kesempatan kepada seluruh anggotanya secara khusus dan seluruh notaris dan Anggota Luar Biasa (ALB) secara umum untuk terus memperoleh ilmu dari setiap acara seminar hukum yang diselenggarakan.

Baca Juga :  Berita Hangat: Jaksa Pinangki Ditetapkan sebagai Tersangka dan Kemudian Ditahan di Rutan Khusus Wanita Pondok Bambu
Ketua Panitia Pelaksana Acara, Ruth Lina Rogabe saat memberikan pidato sambutan dan laporan kegiatan
Ketua Panitia Pelaksana Acara, Ruth Lina Rogabe saat memberikan pidato sambutan dan laporan kegiatan

“Jika sebelumnya secara rutin diadakan seminar secara daring, akhirnya kali ini kami dapat menyelenggarakan seminar hukum secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada para narasumber yang telah bersedia meluangkan waktu untuk hadir dan memberikan ilmu bagi kami semua pada seminar hukum hari ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh rekan panitia yang bertugas,” Pungkas Ruth.

Ketua Pengda Kab. Karawang INI, Juniety Dame Purba saat menyamoaikan pidato sambutan
Ketua Pengda Kab. Karawang INI, Juniety Dame Purba saat menyamoaikan pidato sambutan

Diketahui, acara seminar hukum yang diadakan Pengda Kab. Karawang INI tersebut terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama yang dimoderatori oleh Glena Martin dengan narasumber Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kls. II Karawang Lenggono Budi dan Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Martha Parulina Berlinana serta Notaris Badung, Bali Dr. I Made Pria Dharsana membawakan tema “Keabsahan Akta Notaris Dalam Implikasi Hukum”.

Pada sesi ke-dua, dengan narasumber Dr. Harlien Budiono didampingi Glena Martin selaku Moderator mebahas tema mengenai “Implikasi Hukum dan Mitigasi Resiko atas Perbuatan Akta Notaris Sebagai Perikatan Simulasi”.

Baca Juga :  TNI Berhasil Tembak Mati Dua Anggota KKSB Kelompok Egianus Kogeya
Ketua Pengda Kab. Karawang INI, Juniety Dame Purba saat memberikan keterangan kepada awak media
Ketua Pengda Kab. Karawang INI, Juniety Dame Purba saat memberikan keterangan kepada awak media

Ditemui usai acara, Ketua Pengda Kab. Karawang INI Juniety Dame Purba kepada awak media mengatakan, bahwa pihaknya sangat bersyukur karena Kabupaten Karawang kini sudah dalam status level 2 PPKM terkait Covid-19 sehingga Pengda Kab. Karawang INI di bawah komandonya kembali dapat mengadakan kegiatan-kegiatan khususnya tentang masalah keilmuan secara luring atau tatap muka. Meski demikian Ety (sapaan akrab Juniety Dame Purba) tetap mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk tetap memperhatikan prokes Covid-19.

“Ini merupakan yang pertama kali setelah dua tahun kita sempat terhenti melakukan kegiatan-kegiatan yang merupakan agenda program kerja Pengda Kab. Karawang INI yang biasanya diadakan setiap bulan secara langsung atau luring. Selain untuk meningkatkan tali silaturahmi antar anggota dan meningkatkan imun, yang terpenting dalam kegiatan-kegiatan seperti ini tujuan dan harapan kita adalah untuk meningkatkan kualitas keilmuan bagi seluruh anggota, baik notaris maupun ALB. Dan Alhamdulillah animo dari anggota INI Kabupaten Karawang cukup baik terhadap kegiatan acara seperti ini, tutup Ety. (Iwa K)

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here