Tanah Longsor di Kampung Gunung Jati Desa Cikahuripan Kadudampit

Tanah Longsor di Kampung Gunung Jati Desa Cikahuripan Kadudampit - infokowasi
Sukabumi, infokowasi.com – Suatu peristiwa geologi terjadi di kampung Gunung Jati Desa Cikahuripan kecamatan Kadudampit kabupaten Sukabumi, di RT 12 RW 04 yang membuat lahan kebun miliknya Aang ( 56 ) menjadi longsor. Ini semua diakibatkan curah hujan yang tinggi kemarin siang sampai malam hari terus-menerus tanpa henti.
Hal ini disampaikan Aang pemilik lahan kebun yang terletak di atas tebing dengan posisi miring. Hujan yang terjadi terus-menerus mengakibatkan terjadinya longsor, Rabu (08/04/2020).
Suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan tanah akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi sehingga gumpalan tanah besar jatuh ke bawah menutup jalan ke arah kampung Pasir Angin .
Letak jalan yang diapit oleh dua desa yaitu desa Cikahuripan berada di sebelah kanan dan desa Muara Dua berada di sebelah kiri jalan, kalau kita berangkat dari arah Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Tanah Longsor di Kampung Gunung Jati Desa Cikahuripan Kadudampit - infokowasi
Hal inilah yang menimbulkan inisiatif dari kepala desa Cikahuripan Kadudampit Malik Ja’far  untuk menyeimbangkan kegiatan kerja dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah kecamatan Kadudampit guna membereskan masalah tanah longsor yang menutupi sebagian jalan ke arah kampung Pasir Angin.
Malik Ja’far melakukan koordinasi dengan Bodin penanggung jawab BPBD kecamatan Kadudampit untuk menanggulangi tanah longsor yang menutupi sebagian jalan, agar arus lalu lintas tetap berjalan lancar.
Bodin dengan sigap bekerja sama dengan Malik Ja’far, Karang Taruna dan bersama-sama warga yang lain dari RT 12 RW 04 melakukan pembersihan tanah yang sempat menutupi sebagian jalan.
“Saya sempat menyuruh orang Pameungpeuk untuk kerja membersihkan jalan dari tanah longsor . Alhamdulillah, Kepala desa koordinasi dengan warga dan BPBD kecamatan Kadudampit bekerja bersama-sama membereskan semuanya dengan cepat dan baik,” kata Aang pemilik lahan .
Curah hujan yang tinggi menjadi penyebab longsornya tanah perkebunan Aang yang terletak ditebing dengan posisi lahannya yang miring. Ketika musim kemarau panjang, tanah akan kering dan membentuk pori-pori tanah atau rongga tanah, kemudian terjadi keretakan tanah. Saat musim hujan, otomatis air hujan masuk ke dalam rongga tanah, yang akhirnya memenuhi rongga yang menyebabkan terjadinya pergeseran tanah dan akhirnya longsor dan erosi tanah.

Laporan : SISWADI HS
Editor : Wandi Darmawan

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Karyawan PT. Yongjin Tolak THR Dicicil

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here