Tiga Titik Longsor Hari Ini Di 3 Kecamatan Di Kab.Sukabumi

Laporan : Robbi Sugara

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Hari ini Selasa, 12 Januari 2021, BPBD Kabupaten Sukabumi melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik H. Eka Widiaman, SKM menuturkan adanya tiga titik bencana alam berupa tanah longsor yang tersebar ditiga wilayah berbeda.
Kejadian pertama terjadi sekitar pukul 13.00 WIB di Kampung Nagrak RT 003 RW 006 Desa Nagrak Selatan Kecamatan Nagrak.

Longsoran tanah tersebut mengakibat bagian kamar mandi serta dapur rumah Dedy Suhendy yang dihuni dua kepala keluarga terdiri tiga jiwa tersebut rusak terseret longsoran tanah, diperkirakan kerugian dengan nominal 20 juta rupiah. Panjang longsoran terhitung 15 meter dan tinggi 3 meter, beruntung tidak tercatat korban jiwa dari peristiwa tersebut, namun satu unit rumah dibawahnya masih terancam terkena imbas.

Baca Juga :  Desa Warnajati Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Serempak

Lokasi kedua longsoran yaitu Perum Bukit Citra Asri (BCA) RW 09 Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug, kejadian yang terjadi sekitar Pukul 14.15 WIB tersebut mengakibatkan Tembok Penahan Tanah (TPT) Perum BCA terbawa longsor sementara ini kerugian masih dalam perhitungan, tidak ada laporan korban, namun longsoran menutup akses jalan desa.


Titik lokasi ketiga yaitu berada di Kampung Papisangan RT 005 RW 002 Desa Tangkil Kecamatan Cidahu, hujan dengan intensitas tinggi sekitar pukul 15.00 WIB menyebabkan pondasi bangunan rumah milik Ibu Nurhayati dan Lilih amblas, dengan panjang longsoran 10 meter dan tinggi 3 meter, kejadian tersebut pun dilaporkan tidak menimbulkan korban jiwa, taksiran kerugian mencapai 30 juta rupiah.
Eka menghimbau agar warga tetap waspada terhadap kejadian alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Baca Juga :  Daerah Irigasi Cibatu Cisaat, Dibangun Sesuai Kebutuhan

“penyebab utama kejadian longsoran padda hari ini umumnya adalah akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, namun patut disyukuri tiga titik kejadian tidak menyebabkan korban jiwa, kami akan terus melakukan koordinasi untuk memantau perkembangan setiap kejadian”, pungkas Eka.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here