Warga Cimanggu Desa Langkapjaya Lengkong Laksanakan Swadaya Perbaikan Jalan

Warga Cimanggu Desa Langkapjaya Lengkong Laksanakan Swadaya Perbaikan Jalan

infokowasi.com, SukabumiWarga Cimanggu Desa Langkapjaya Kecamatan Lengkong Lakukan Swadaya Perbaikan Jalan Untuk Akses Petani Maupun Destinasi Wisata

Pagi hari yang cerah di Kampung Cimanggu RT 21 RW 05 Desa Langkapjaya Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi.

Seratusan lebih warga bergerombol di sepanjang jalan, yang berada di tengah pesawahan. Terhitung warga dari tiga Kampung yaitu Cimanggu, Sampalan dan Sodong turut serta bergotong-royong bahu membahu memperbaiki jalan.

Warga Cimanggu Desa Langkapjaya Lengkong Laksanakan Swadaya Perbaikan Jalan

Warga membawa perlengkapan masing-masing dari rumah berupa alat untuk mengolah tanah, cangkul dan garpu. Warga menata kontur jalan yang memang masih tanah dan miring.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Lengkong, Dadang Karta Sasmita, M.Pd., bersama Kasi Sarpras, Kepala Desa Langkapjaya Mimin Mintarsih didampingi Kaur Kesra, serta Kadus Cimanggu.

Baca Juga :  Purwakarta Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

Warga Cimanggu Desa Langkapjaya Lengkong Laksanakan Swadaya Perbaikan Jalan

Menurut Najli Fikri Wahdatil Imam (30) seorang tokoh penggiat pemuda dan wisata setempat menyebutkan bahwa perbaikan jalan yang dilaksanakan secara swadaya ini sudah berjalan sekitar tiga bulan lalu, dengan durasi dua kali seminggu, yaitu setiap hari Jum’at dan Minggu.

Jalan yang biasanya dilewati warga sebagai alur untuk membawa hasil panen padi dan palawija dari sawah maupun ladang kini diperlebar supaya penggunaan sepeda motor lebih mudah. Namun, Najli menjelaskan kini jalan tersebut akan mempunyai fungsi lain, selain sebagai jalur para petani, kini memiliki fungsi lain yaitu sebagai jalur untuk memasuki lokasi wisata, yaitu Rice Field Cimanggu, Curug Sodong Cimanggu, serta kedepan akan menjadi jalur ke bukit Pasir Awi sebagai camping ground.

Najli pun menuturkan bahwa penataan jalan masih lamban mengingat pengerjaan yang manual oleh para pemuda dan warga, terlebih jarak yang akan diperbaiki mencapai 8 Kilometer.Warga Cimanggu Desa Langkapjaya Lengkong Laksanakan Swadaya Perbaikan Jalan

Baca Juga :  1331 Total Penerima BLT Desa Sekecamatan Cidahu
Dadang Karta Sasmita, M.Pd,. saat berbincang dengan infokowasi.com menuturkan bahwa pihaknya bersama Pemerintahan Kecamatan Lengkong sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dadang pun mengaku kebersamaan warga Kedusunan Cimanggu sangat luar biasa, bahkan banyak warga mengikhlaskan sebagian area sawah untuk dijadikan jalan.

Warga Cimanggu Desa Langkapjaya Lengkong Laksanakan Swadaya Perbaikan Jalan

Dadang berharap jalan yang diperbaiki tersebut bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Awal mula kegiatan kerja bakti ini merupakan inisiatif warga, pemerintahan kecamatan selalu mendukung, dan saya rasa swadaya dan kebersamaan warga Cimanggu ini sangat baik,” pungkas Dadang.

Baca Juga :  Dorong Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Sukabumi dan Perhutani KPH Kembangkan Pariwisata

Sementara Kepala Desa Langkapjaya Mimin Mintarsih, menuturkan program perbaikan jalan tersebut akan diusahakan masuk skala prioritas pembangunan desa, dari dana desa dalam bentuk pengerasan kemudian pengecoran atau jika memungkinkan pengaspalan.

Mimin pun memberikan apresiasi tinggi dengan swadaya tersebut.

Laporan : Robi Sugara
Editor : Yudi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here