Irigasi Cibojong Cidahu akan Segera Dibangun

Irigasi Cibojong Cidahu akan Segera Dibangun

infokowasi.com, SukabumiKesabaran Petani Cidahu terobati.
DAM Parit Sungai Cibojong yang berlokasi di kampung Cikalong Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu akan segera dibangun bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi sebesar Rp. 441.344.000,- Sebagai Pelaksana CV.Demi Karya.

Berdasarkan Informasi dari para Petani yang dihimpun infokowasi.com, bahwa Bendungan Irigasi yang kurang lebih bisa mengairi areal pesawahan 75 s.d. 100 HA tersebut hancur diterjang banjir pada musim hujan di akhir tahun 2017.

Pengguna air irigasi tersebut meliputi 3 Desa, yaitu Desa Jayabakti sendiri, Desa Pondokkaso Tengah dan Tapos wilayah Desa Cipanengah Kecamatan Bojong Genteng.

Irigasi Cibojong Cidahu akan Segera Dibangun

Karena lambatnya penanganan, para petani yang difasilitasi Muspika Kecamatan Cidahu setahun yang lalu sempat berauden untuk mencari solusi cara penanggulangan dan perbaikan irigasi tersebut, dengan dihadiri oleh Dinas Instansi terkait, yang pada saat itu dihadiri oleh Bappeda, PU.Pengairan dan Dinas Pertanian yang diwakili oleh BP3K Kecamatan Cidahu. Dalam pertemuan tersebut nyaris menemui jalan buntu, namun akhirnya BP3K Kecamatan Cidahu mengambil sikap untuk mengajukan ke Dinas Pertanian supaya dibiayai melalui APBD Kabupaten.

Baca Juga :  Kunker ke Sukabumi, Mensos Chek Sistem Penyaluran BST dan Tinjau UMKM

“Alhamdulillah buah kesabaran Petani yang kurang lebih hampir 3 Tahun menunggu kini mulai terobati, saya ucapkan terima kasih kepada BP3K Kec. Cidahu yang sudah memperjuangkan kebutuhan dari Petani,” pungkas Aceng, seorang petani dari Desa Jayabakti.

Hal tersebut diamini oleh Ading seorang petani dari Desa Pondokkaso Tengah

Irigasi Cibojong Cidahu akan Segera Dibangun

Selama kurang lebih 3 tahun area persawahan seluas 25 HA, khususnya yang ada di wilayah Desa Pondokkaso Tengah kurang produktif karena kesulitan air dampak dari rusaknya irigasi tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat bergotong royong swadaya kerja bakti membendung air Cibojong tersebut dengan alat-alat sederhana dan biaya seadanya untuk bisa mengalirkan air.

Baca Juga :  Sungai Cigunung Telan Korban; DUA ORANG PELAJAR TEWAS

Dengan adanya informasi Irigasi mau dibangun saya merasa senang sekali apalagi kondisi sekarang menghadapi musim tanam dan kemarau.

Pada prinsipnya saya berpendapat kalau irigasi itu sudah selesai dibangun insya Allah kebutuhan air untuk kepentingan masyarakat bisa tercukupi dan aliran air akan normal kembali bagi petani pun tidak akan menjadi kendala lagi untuk mengolah sawah, ucapnya.

Di tempat terpisah BP3K Kecamatan Cidahu Pita Patimah saat dihubungi dan ditanya melalui pesan WA, dengan singkat menjawab Alhamdulillah atas kerjasama dan perjuangan semua pihak, Pembangunan Irigasi Sungai Cibojong tahun ini bisa direalisasikan. Tujuannya tidak lain untuk kepentingan masyarakat pada umumnya dan memenuhi kebutuhan petani pada khususnya.

Baca Juga :  Kelompok PKK Desa Pondokkaso Landeuh Gelar Aksi GASIBU

Laporan   : Cecep Sudrajat

Editor       : Yudi

 

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here